Hadi Tjahjanto Sowan ke Ponpes Tabuireng, Sekaligus Nyekar ke Makam Gus Dur

27 Maret 2024 17:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
 Menkopolhukam saat berada di Ponpes Tebuireng Jombang. Foto: Dok. Elok Apriyanto
zoom-in-whitePerbesar
Menkopolhukam saat berada di Ponpes Tebuireng Jombang. Foto: Dok. Elok Apriyanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (27/3). Pada kesempatan itu, Hadi mengatakan safari ramadan ke Ponpes Tebuireng ini untuk melakukan ziarah sekaligus silaturahmi ke pengasuh Ponpes.
ADVERTISEMENT
"Saya melaksanakan safari ramadan ke Ponpes Tebuireng, nyekar ke makam presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid, Gus Dur," kata Hadi.
Ia mengatakan tujuan dari safari ramadan ke beberapa daerah termasuk ke Ponpes Tebuireng adalah untuk menjaga persatuan dan menjaga ukhuwah islamiyah usai pemilu.
Menko Polhukam saat ziarah ke makam Gus Dur. Foto: Dok. Elok Apriyanto
"Kita terus merajut, menjaga ukhuwah seluruh lapisan masyarakat, dan apabila ukhuwah ini kuat, maka akan mempengaruhi stabilitas politik, hukum dan keamanan, di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.
Untuk itu, Hadi mengaku akan terus melakukan safari Ramadan.
"Untuk itu saya akan terus melakukan safari Ramadan, dan kebetulan saat ini adalah bulan suci Ramadan, ke seluruh lapisan masyarakat termasuk ke seluruh komponen yang ada di Indonesia ini," tuturnya.
"Dan besok kami juga akan berkunjung kegiatan di Katedral Emanuel dalam rangka kita juga menjaga ukhuwah lintas agama, supaya Indonesia ini kuat. Stabilitas politik, hukum, dan keamanan, ini juga kuat, bila masyarakat bisa menikmati keberlanjutan pembangunan," sambungnya.
Menko Polhukam saat ditemui sejumlah jurnalis, Rabu (27/3/2024) Foto: Dok. Elok Apriyanto

Respons Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Hadi turut mengomentari sidang gugatan Pilpres 2024 yang berlangsung di Mahkamah Konstitus (MK). Dia memastikan keamanan saat proses tersebut berjalan lancar.
ADVERTISEMENT
"Secara keamanan (di MK) seluruhnya aman, terkendali," kata Hadi.
"Dan kami dengan seluruh jajaran TNI dan Polri, dengan BIN, untuk menjaga proses demokrasi yang saat ini sedang berjalan dan saat ini prosesnya adalah di MK," ujarnya.
Hadi juga turut merespons soal pihak AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) menyoroti ketidaknetralan pemerintah dalam proses pemilu 2024 saat sidang gugatan Pilpres 2024.
"Itu adalah mekanisme politik, kita ikuti saja, dan harus kita hargai semua proses dinamika politik yang ada," tuturnya.