kumparan
11 Oktober 2019 16:46

Hanum Rais hingga Jerinx SID Dilaporkan Terkait Cuitan soal Wiranto

Ilustrasi hoaks
Ilustrasi hoaks Foto: Shutterstock
Seorang pria bernama Jalalludin asal Serang melaporkan 5 akun media sosial dengan rincian 3 akun twitter dan 2 akun facebook ke Polda Metro Jaya. Kelima akun ini dilaporkan karena dianggap menyebar ujaran kebencian, provokasi, dan hoaks terkait penusukan Menko Polhukam Wiranto.
ADVERTISEMENT
“Akun-akun tersebut diduga menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong terkait peristiwa penusukan terhadap Menko Polhukam Bapak Wiranto di Menes, Pandeglang, Kamis 10 Oktober 2019,” kata Muannas Alaidid, selaku kuasa hukum yang mendampingi Jalalludin saat dikonfirmasi, Jumat (11/10).
Dalam laporan, tertera akun-akun tersebut yakni:
1. @hanumrais/HANUM SALSABIELA RAIS
2. @JRX_SID/I GEDE ARI ASTINA/JERINX
3. @fullmoonfolks/BHAGAVAD SAMABHADA
Dan 2 akun Facebook atas nama:
1. Jonru Ginting
2. Gilang Kazuya Shimura
Laporan Jallaluddin diterima oleh SPKT Polda Metro Jaya dengan Nomor LP/6558/X/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus 11 Oktober 2019.
Sebelumnya, Jalalludin juga pernah melaporkan Kivlan Zen terkait makar. Laporan tersebut bernomor LP/B/0442/V/2019/Bareskrim tanggal 7 Mei 2019.
kumparan juga mencoba menghubungi nomor telepon Jallaludin yang tertera laporan, namun sang empunya nomor tidak memberikan konfirmasi. Ia justru menyebut bahwa kumparan salah sambung.
ADVERTISEMENT
Padahal, kumparan telah mencoba mengecek nomor tersebut dengan aplikasi getcontact dan muncul hasil dengan nama Jalalludin.
“Saya enggak tahu apa-apa mungkin salah nomor,” ucap pemilik nomor.
Polisi pun mengkonfirmasi laporan tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengkonfirmasi diterimanya laporan itu.
“Betul,” kata Argo singkat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan