News
·
18 Februari 2021 18:08

Hasil Pemeriksaan Komnas HAM: Ustaz Maaher Meninggal karena Sakit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hasil Pemeriksaan Komnas HAM: Ustaz Maaher Meninggal karena Sakit (330596)
searchPerbesar
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Komnas HAM telah menerima sejumlah keterangan untuk mendalami penyebab meninggalnya Soni Eranata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibi di Rutan Bareskrim Polri, 8 Februari 2021. Keterangan dikumpulkan dari pihak kepolisian, dokter, hingga keluarga.
ADVERTISEMENT
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, sejumlah keterangan yang diterima pihaknya seperti awal mulai dari penangkapan, proses penahanan, hingga perawatan saat Ustaz Maaher sakit. Keterangan dari pihak kepolisian dan dokter didapatkan dalam pemeriksaan oleh Komnas HAM pada Kamis (18/2) siang ini.
Setelah mengumpulkan keterangan-keterangan tersebut, Komnas HAM menyatakan Ustaz Maaher meninggal dunia karena sakit.
"Jadi proses sakit, bagaimana perawatan perlakuan dan sebagainya, substansinya yang diberikan keterangan kepada kami. Jadi prosesnya tidak hanya kami dikasih penjelasan, tapi ditunjukan dengan bukti-bukti rekam medisnya, termasuk juga metode dan proses medisnya," kata Anam dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (18/2).
Hasil Pemeriksaan Komnas HAM: Ustaz Maaher Meninggal karena Sakit (330597)
searchPerbesar
Ustaz Maaher At Thuwalibi alias Soni Eranata. Foto: Instagram
Metode dan proses yang dimaksud Anam adalah upaya pengambilan pilihan kedua yang disepakati antara keluarga Maaher dan polisi. Kesimpulannya juga menunjukkan hasil yang sama, yakni Ustaz Maaher meninggal karena sakit.
ADVERTISEMENT
"Kesimpulannya adalah ini kesimpulan soal proses sakit dan perawatan sakitnya, antara lain yang kami peroleh dari keterangan keluarga, dan yang kami peroleh dari kepolisian tadi dan kedokteran tadi, sama," tambah dia.
Yang intinya adalah satu, bahwa memang meninggal karena sakit. Jadi kalau di sosmed ada karena tindakan lain, enggak ada. Jadi memang karena sakit.
--Choirul Anam
Selain itu, Anam juga membeberkan mengenai proses perawatan selama sakitnya Ustaz Maaher di RS Polri. Menurutnya, perawatan yang didapat Maaher sudah diberikan sesuai ketentuan.
Hasil Pemeriksaan Komnas HAM: Ustaz Maaher Meninggal karena Sakit (330598)
searchPerbesar
Ustaz Maaher At Thuwalibi alias Soni Eranata. Foto: Twitter/@ustadzmaaher-
"Proses perawatan selama sakit itu juga keterangan yang kami peroleh dari pihak keluarga, dari kepolisian, dan juga dari dokternya, dirawat dengan baik," tutup Anam.
Ustaz Maaher meninggal di Rutan Bareskrim Polri saat menjalani masa tahanan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Habib Luthfi bin Yahya.
Polri enggan mengungkapkan penyakit apa yang diderita Ustaz Maaher sebelum meninggal. Pihak kepolisian menilai penyakitnya sangat sensitif dan menyangkut nama baik keluarga. Meski juga sempat dikabarkan dia mengidap sakit lambung yang membuatnya harus dirawat di RS.
ADVERTISEMENT