kumparan
12 Juli 2019 15:53

Hendropriyono soal Rizieq Syarat Rekonsiliasi: Pulang Saja

AM. Hendropriyono
AM. Hendropriyono Foto: Andre Josua/kumparan
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono, ikut berkomentar menanggapi permintaan tim Prabowo-Sandi agar Imam Besar FPI, Rizieq Syihab, jadi syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo.
ADVERTISEMENT
Menurut mantan Ketua Umum PKPI itu, tidak ada urusan antara rencana rekonsiliasi Jokowi-Prabowo dengan kepulangan Rizieq yang saat ini berada di Arab Saudi.
"Kenapa minta pulang? Pulang saja, kenapa minta pulang?" ucap Hendropriyono usai bertemu Bambang Soesatyo di gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/7).
Soal denda Rp 110 juta yang dianggap turut jadi kendala kepulangan, Hendropriyono menyebut menjadi urusan Rizieq sendiri. "Bayar saja susah amat," ketusnya.
"Begini, dulu ada lagu 'kau yang mulai, kau yang mengakhiri. Dia pergi, pulang sendiri gimana. Kalau itu saya enggak mau ikut ikut," terang Hendro.
Lebih lanjut, Hendro menyebut tidak ada hal yang perlu direkonsiliasikan antara Jokowi dan Prabowo pasca-Pilpres 2019. Sehingga tidak ada urusan dengan Rizieq Syihab.
ADVERTISEMENT
"Dalam demokrasi pancasila, tidak ada rekonsiliasi karena tidak ada yang bermusuhan, persatuan Indonesia. Kalau dibiarin ribut terus, tentara ribut sama polisi, tentara polisi ribut sama rakyat, kapan berhentinya," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan