Hoaxbuster Anggota Parlemen Austria Meninggal

Hoaxbuster: Anggota Parlemen Austria Meninggal karena Vaksin COVID-19

17 November 2021 14:51
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Beredar unggahan di sosial media menggunakan bahasa Korea yang menyebut anggota parlemen Austria meninggal usai menerima vaksin COVID-19.
ADVERTISEMENT
Postingan itu menyebut politikus bernama Eva-Maria Holzleitner terjatuh saat ia membacakan pidato di hadapan anggota parlemen lainnya dalam sebuah rapat.
Klaim tersebut beredar di situs Korea Selatan Naver Cafe sejak 2 November 2021 lalu dan disematkan video Eva-Maria Holzleitner yang terjatuh pingsan saat membaca pidatonya.
“Member parlemen tewas usai menerima vaksin COVID-19. Perempuan itu pro dengan vaksin dan terjatuh saat membacakan pidatonya pada 14 Oktober lalu,” tulis unggahan tersebut.
Hoaxbuster: Anggota Parlemen Austria Meninggal Akibat Vaksin COVID-19.
 Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Hoaxbuster: Anggota Parlemen Austria Meninggal Akibat Vaksin COVID-19. Foto: Dok. Istimewa

Cek fakta

Holzleitner jatuh pingsan pada 12 Oktober lalu saat membacakan pidato di gedung Parlemen di Vienna. Namun, ia kemudian sadar dan kondisi kesehatannya membaik.
Akun resmi Parlemen @OeParl juga membuat cuitan terkait kejadian tersebut.
“Setelah diberi penangan medis darurat, sesi parlemen dilanjutkan,” tulisnya.
ADVERTISEMENT
Holzleitner juga mengkonfirmasi lewat akun Twitter pribadinya @eviholz, bahwa keadaannya sudah membaik usai kejadian itu.
"Saya baik-baik saja, terima kasih banyak untuk semua perhatiannya. Secara khusus saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan kerja saya yang bergegas membantu, serta petugas hebat yang menjaga saya!" tulis Holzleitner beberapa saat usai ia sadar.

Kesimpulan

Kabar anggota parlemen Austria meninggal usai divaksin COVID-19 adalah hoaks.
==