Hoaxbuster Soal Mandi dengan Boraks Bisa Hilangkan Efek Vak

Hoaxbuster: Klaim Mandi dengan Boraks Bisa Hilangkan Efek Vaksin

24 November 2021 12:37
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hoaxbuster: Klaim Mandi dengan Boraks Bisa Hilangkan Efek Vaksin (200755)
searchPerbesar
Hoaxbuster: Soal Mandi dengan Boraks Bisa Hilangkan Efek Vaksin. Foto: Shutter Stock
Beredar video yang menyebutkan mandi dengan ramuan soda kue, tanah liat, dan boraks bisa menghilangkan efek vaksin. Video itu diunggah oleh pengguna TikTok dengan memperlihatkan narasi dari ahli penyakit dalam Carrie Madej.
ADVERTISEMENT
Lewat video itu, Madej menyebutkan sejumlah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mandi dengan maksud untuk menghilangkan efek vaksin.
Madej mengeklaim campuran, soda kue, boraks, dan garam Epsom, bisa menghilangkan partikel teknologi nano pada vaksin.

Cek Fakta

Dikutip dari factcheck.org, BPOM Amerika Serikat, FDA, menegaskan vaksin corona tidak mengandung bahan aktif dan zat lain.
"Vaksin menjalani program pengembangan yang ketat dan ekstensif di laboratorium, serta dalam penelitian pada hewan dan uji klinis pada manusia, untuk menentukan keamanan dan efektivitas,” tulis lembaga tersebut.
Ahli toksikologi molekuler dari University of Adelaide di Australia, Ian Musgrave, mengatakan bahwa tidak ada metode mandi dengan campuran boraks akan menghilangkan vaksin.
"Itu akan menghilangkan air, tetapi bukan molekul besar dan itu tidak bisa melewati penghalang jaringan di tubuh Anda," ujar Musgrave.
ADVERTISEMENT

Kesimpulan

Jadi, tak benar mandi dengan campuran boraks dan garam serta soda kue bisa menghilangkan efek partikel teknologi nano. Selain itu, vaksin juga tidak mengandung partikel tersebut.