News
·
18 November 2020 12:10

Hoaxbuster: Membasahi Kepala Dulu saat Mandi Bisa Sebabkan Stroke?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hoaxbuster: Membasahi Kepala Dulu saat Mandi Bisa Sebabkan Stroke? (88226)
Hoaxbuster soal membasahi kepala dulu saat mandi dapat menyebabkan stroke. Foto: Kominfo
Di medial sosial Facebook, beredar sebuah unggahan yang mengklaim bahwa membasahi kepala terlebih dahulu saat mandi dapat menyebabkan stroke. Unggahan tersebut menyebutkan bahwa mandi dengan cara seperti ini adalah urutan yang salah.
ADVERTISEMENT
Disebutkan juga dalam unggahan tersebut, seorang profesor dari Malaysia menjelaskan bahwa sebaiknya saat mandi membasahi bagian badan terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan aluran darah bisa menyempit dan pecah jika membasuh kepala dahulu.
Tata cara mandi yang benar yang disebutkan dalam unggahan adalah sebagai berikut:
"Berikut cara mandi yang benar:
1. Siramkan air di telapak kaki.
2. Kemudian dilanjutkan dengan segayung di betis.
3. Segayung di paha.
4. Segayung di perut.
5. Segayung di bahu.
6. Berhentilah sejenak 5-10 detik
Kita akan merasakan seperti uap/angina yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang, setelah itu dilanjukan dengan mandi seperti biasa."
Dikutip dari AFP, Kepala Penelitian Ilmu Saraf di Monash Health mengatakan bahwa tidak ada bukti atas pernyataan tentang urutan mandi. Menurutnya, sebagian besar stroke disebabkan oleh gumpalan yang menghalangi aliran darah di otak yang berasal dari jantung atau pembuluh darah besar.
ADVERTISEMENT
Phan juga menjelaskan tidak ada studi yang menjelaskan tentang urutan mandi atau bagaimana pasien penyandang disabilitas dapat mandi dengan aman. Profesor Bruce Campbell, Ketua Stroke Foundation Clinical Council, juga membantah klaim yang disebutkan dalam unggahan tersebut.
Maka dapat dipastikan bahwa klaim mandi dengan membasahi kepala terlebih dahulu dapat menyebabkan stroke adalah hoaks.