HoaxBuster- Vaksinasi Corona Bisa Lahirkan Generasi Zombie

Hoaxbuster: Vaksinasi Corona Bisa Lahirkan Generasi Zombie

18 April 2021 13:47
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Beredar klaim yang menyebutkan generasi zombie akan lahir karena proses vaksinasi corona. Narasi tersebut disampaikan oleh pria bernama Abdul Aim Muhammad.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, vaksin merupakan mirip dengan sistem operasi yang bisa membajak sel tubuh.
Pria tersebut mengatakan ada empat dosis vaksin yang memiliki kadar protein virus corona yang berbeda. Setelah dosis keempat, tubuh akan memproduksi 'pabrik pembuat virus'. Dalam proses ini, virus tersebut akan menyerang tubuh hingga akhirnya melahirkan generasi zombie.
Hoax Buster: Vaksinasi Corona Bisa Lahirkan Generasi Zombie.
 Foto: Facebook/vintageking2020
zoom-in-whitePerbesar
Hoax Buster: Vaksinasi Corona Bisa Lahirkan Generasi Zombie. Foto: Facebook/vintageking2020
Dalam narasinya, ia juga menyebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menyiapkan situs khusus yang ditujukan sebagai persiapan dalam 'Kesiapsiagaan Zombie'.
Betulkah demikian?
Dikutip dari USA Today, kenaikan protein merupakan proses dari vaksin dalam membentuk antibodi untuk melawan virus. Proses ini merupakan hal penting dan fundamental dalam vaksinasi.
Terkait dosis, vaksin yang menggunakan teknologi mRNA hanya dua dosis yang dibutuhkan. Hal ini juga berlaku untuk Sinovac. Tidak ada dosis penambahan setelah dua kali penyuntikan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, klaim vaksin merupakan sistem operasi adalah salah. Sebab, istilah itu hanyalah sebuah analogi yang digunakan oleh produsen vaksin Moderna.
Lalu, klaim CDC telah menyiapkan kesiapsiagaan zombie juga keliru. Situs tersebut berisi sejumlah informasi terkait imbauan badai di Amerika Serikat dengan menggunakan pemeran fiktif zombie.
Jadi, klaim vaksin corona bisa lahirkan generasi zombie adalah hoaks.