Hoaxbuster viral foto pria pakai burqa dalam pertemuan
13 September 2021 12:54
ยท
waktu baca 2 menit

Hoaxbuster: Viral Foto Pria Pakai Burqa dalam Pertemuan Wanita Pendukung Taliban

Hoaxbuster: Viral Foto Pria Pakai Burqa dalam Pertemuan Wanita Pendukung Taliban (48925)
searchPerbesar
Hoaxbuster viral foto pria pakai burqa dalam pertemuan wanita pendukung Taliban. Foto: kumparan
Beredar foto seorang pria memakai burqa di tengah perkumpulan wanita di Afghanistan. Foto itu menjadi viral di tengah kebijakan kontroversial Taliban yang melarang wanita untuk kuliah.
ADVERTISEMENT
Foto itu kemudian menjadi bahan kritikan bagi kelompok tersebut. Netizen menilai kehadiran pria di tengah wanita berburqa itu bukan hal yang tepat dalam mendukung kesetaraan gender.
"Apakah kelompok Taliban sedang mencoba menunjukkan dukungan [kesetaraan gender]? Saya hanya melihat sedikit wanita, lainnya adalah laki-laki yang mengenakan burqa," tulis seorang warganet di Twitter.

Cek Fakta

Dikutip dari India Today Anti Fake News War Room (AFWA), foto tersebut diambil ketika ratusan wanita melakukan unjuk rasa untuk mendukung kebijakan Taliban, 11 September 2021.
Kelompok tersebut setuju dengan aturan baru wanita boleh masuk kuliah dengan kelas terpisah dengan laki-laki. Massa ini merupakan demonstrasi kedua yang dilakukan tanpa kekerasan di Afghanistan dalam kekuasaan Taliban.
ADVERTISEMENT
Massa merupakan dosen dan mahasiswa wanita yang turun ke jalan. Sebelum melakukan unjuk rasa, mereka terlebih dulu berkumpul di kampus tersebut.
Dalam demonstrasinya mereka mendukung kebijakan pemerintah Afghanistan di bawah kendali Taliban.
Keberadaan pria di tengah-tengah wanita tersebut merupakan hasil editan. Dalam sejumlah foto yang beredar di media lokal, tidak ditemukan adanya pria yang memakai burqa dalam massa tersebut.

Kesimpulan

Jadi, narasi yang menyebutkan ada pria yang memakai burqa dalam massa pendukung Taliban merupakan keliru.