kumparan
search-gray
Politik14 Juli 2019 16:23

Ijtima Ulama ke-4 Digelar Agustus, Bahas Prabowo hingga Rizieq Syihab

Konten Redaksi kumparan
Sejumlah tokoh agama dan nasional membacakan hasil sidang ijtima ulama III
Sejumlah tokoh agama dan nasional membacakan hasil sidang Ijtima Ulama III di Hotel Lor In, Sentul, Rabu (1/5). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Ijtima ulama ke-4 akan digelar pada awal Agustus 2019. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin saat ditanya mengenai langkah pihaknya ke depan menyikapi pertemuan Jokowi-Prabowo.
ADVERTISEMENT
"Langkah ke depan baru akan diputuskan di ijtima ulama ke-4. Insyaallah awal Agustus," ujar Novel kepada kumparan, Minggu (14/7).
Adapun agenda ijtima kali ini, yaitu menentukan sikap politik aktivis, ulama, serta tokoh yang tergabung dalam elemen 212, terhadap Prabowo-Sandi. Selain itu, permasalahan Rizieq Syihab juga menjadi agenda lainnya.
"Bahas putusan MK dan KPU, 10 orang korban tragedi 21-22 Mei, korban 500 petugas KPPS yang diduga wafat tidak wajar. Juga kriminalisasi ulama, aktivis dan tokoh alumni 212, termasuk permasalahan HRS," bebernya.
"Juga membahas langkah politik kelanjutan dengan Prabowo-Sandi," lanjutnya.
Novel Bamukmin, Reuni Akbar Alumni 212
Novel Bamukmin bahas reuni akbar alumni 212 di Hotel Whiz Cikini (16/11/2018) Foto: Efira Tamara/kumparan
Ijtima ulama ke-4 ini ia tegaskan akan diikuti kurang lebih 1.500 perwakilan ulama dari seluruh Indoneisa.
"Seperti yang sudah-sudah ulama dari seluruh Indonesia, kurang lebih 1500 orang," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Jika pada ijtima-ijtima sebelumnya Prabowo tercatat hadir, nampaknya ijtima kali ini akan berbeda. Sebab, Novel mengatakan mereka akan mempertimbangkan terlebih dahulu perlu atau tidaknya mengundang Prabowo dalam agenda nantinya.
"Nah itu (ijtima ulama ke-4) akan dimusyarahkan, perlu tidaknya Prabowo, Sandi, dengan Koalisi Adil Makmur serta BPN-nya dilibatkan atau tidak," lanjutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white