kumparan
search-gray
News14 Februari 2020 10:59

Imbas 45 Jadwal Kereta Bogor dan Bekasi Berubah, Ojol Serbu Stasiun Manggarai

Konten Redaksi kumparan
PTR- Suasana Stasiun Manggarai
Para penumpang KRL menuruni tangga di Stasiun Manggarai. Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Rekayasa jadwal kereta Commuter Line atau KRL dari Bogor-Jakarta Kota atau Bekasi-Jakarta Kota berdampak pada menumpuknya Ojek Online (ojol) ke Stasiun Manggarai. Sebab, kereta-kereta yang biasanya langsung mencapai Jakarta Kota itu kini hanya sampai di stasiun Manggarai.
ADVERTISEMENT
kumparan mendatangi stasiun Manggarai pada dua kesempatan, yakni Kamis 13 Februari dan Jumat 14 Februari 2020. Pada hari ini, kepadatan penumpang tidak terlalu menonjol, artinya tak ada penumpukan berarti, tapi beda dengan Ojol. Ojol nampak menumpuk mulai dari pintu parkir Stasiun Manggarai hingga ke pintu keluar stasiun.
Perubahan Rute KRL di Stasiun Manggarai
Sejumlah pengendara ojol menunggu penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
"Udah dua hari ini sampai siang ramai terus, karena KRL cuma sampai sini kan, jadi (ojol) yang di Cikini, yang di Gondangdia, ketarik ke sini semua," kata Yadi, salah seorang driver Ojol yang ditemui di depan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (14/2).
Yadi juga bisa memastikan, bahwa rekan-rekannya yang baru datang itu ialah Ojol yang tidak biasa mangkal di Manggarai. Ia sempat bertanya langsung, kepada rekannya itu.
ADVERTISEMENT
"Saya tanya, soalnya saya pasti hafal nih yang mangkal di sini siapa saja. Mereka paham ternyata ada pengurangan, makanya ke sini semua," kata Yadi.
Perubahan Rute KRL di Stasiun Manggarai
Sejumlah pengendara ojol menunggu penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sementara itu, meski banyak penumpang yang turun ke Manggarai, tidak berarti para Ojol kedapatan banyak orderan. Pendapatan mereka masih rata saja dari pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB.
"Ya, kalau orderan rata-rata aja, 2 penumpang sudah dapat. Abang lihat sendiri bang, di sini banyak customer tapi yang ngantre juga banyak. Ya kalau gacor ya gacor kalau tidak ya tidak," kata Ridwan, seorang driver Ojol lainnya ditemui di tempat yang sama.
Sementara itu, lalu lintas juga lebih padat merayap di jalan depan Stasiun Manggarai. Penyebabnya, banyak Ojol yang mangkal di sisi kanan dan kiri jalan. Selain itu, ada juga bus TransJakarta yang mengangkut penumpang di stasiun ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white