News
·
8 Desember 2020 10:18

Inggris Mulai Vaksinasi Virus Corona Massal Hari Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inggris Mulai Vaksinasi Virus Corona Massal Hari Ini (5340)
Ilustrasi vaksinasi. Foto: Dok. Universitas Oxford
Inggris akan memulai vaksinasi massal hari ini, Selasa (8/12). Kelompok lansia bakal menjadi salah satu yang pertama menerima suntikan vaksin.
ADVERTISEMENT
Vaksinasi massal dilakukan usai otoritas Inggris memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin corona produksi Pfizer, perusahaan farmasi multinasional yang berbasis di New York, pekan lalu.
Untuk tahap awal, otoritas kesehatan Inggris menyediakan 800 ribu dosis vaksin. Ada sekitar 50 pusat medis yang menyuntikkan vaksin Pfizer itu kepada warga berusia lanjut, pekerja medis, dan kelompok rentan lainnya.
Salah satu pusat medis yang sudah menerima vaksin adalah RS Universitas Croydon di London. Dalam keterangannya, RS tersebut mengatakan vaksin datang dari pabrik Pfizer di Belgia pada akhir pekan lalu.
Inggris Mulai Vaksinasi Virus Corona Massal Hari Ini (5341)
Vaksin corona dari BioNTech dan Pfizer digambarkan dalam foto selebaran. Foto: BioNTech SE 2020/via REUTERS
“Mengetahui bahwa mereka sudah ada di sini, kami termasuk negara pertama yang benar-benar sudah menerima vaksin di dunia, oleh karenanya ini sungguh menakjubkan,” kata kepala apoteker RS Universitas Croydon Louise Coughlan seperti dikutip AFP.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, untuk mendorong warga Inggris divaksin, Menkes Matt Hancock akan menjadi relawan penerima vaksin. Penyuntikan vaksin kepada dirinya ditayangkan langsung di televisi.
Inggris Mulai Vaksinasi Virus Corona Massal Hari Ini (5342)
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth Foto: AFP
Selain Menkes, tokoh ternama Inggris yang akan menerima vaksin lebih dulu adalah kepala negara Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip.
Mereka masuk ke dalam kategori prioritas penerima vaksin karena sudah memasuki usia lanjut, masing-masing berusia 94 dan 99 tahun.
Setelah tahap pertama usai, Inggris akan melanjutkan gelombang vaksinasi massal secara bertahap. Total Inggris sudah memesan 40 juta dosis vaksin Pfizer untuk memenuhi kebutuhan lokalnya.
Inggris adalah salah satu negara paling terdampak virus corona di Eropa. Total jumlah infeksi corona di Inggris mencapai 1.737.960 kasus dan 61.434 di antaranya meninggal dunia.