News
·
11 April 2020 18:06

Irjen Nana: Kelompok Anarko Berencana Bikin Aksi Bersama pada 18 April

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Irjen Nana: Kelompok Anarko Berencana Bikin Aksi Bersama pada 18 April (151340)
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana (kanan) dan Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/3). Foto: Nugroho Sejati/kumoaran
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mendapat temuan baru dalam penangkapan 4 anggota Anarko di Tangerang Kota.
ADVERTISEMENT
Para tersangka ditangkap karena coretan provokatif ‘Bunuh orang-orang kaya’.
Nana mengatakan, dari hasil pemeriksaan kelompok Anarko berencana membuat vandalisme serentak di berbagai kota besar.
“Dari hasil membuka handphone (pelaku), mereka juga akan merencanakan aksi 18 April 2020 akan melakukan aksi vandalisme secara bersama-sama di beberapa kota besar di pulau besar,” kata Nana di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (11/4).
Nana menuturkan, kelompok Anarko ingin menciptakan situasi mencekam saat darurat virus corona. Lewat aksi vandalisme diharapkan masyarakat ikut gerakan kelompok Anarko.
Nana menambahkan, pihaknya sangat bersyukur atas terungkapnya kasus vandalisme di Pasar Antar, Tangerang Kota. Dari pemeriksaan ditemukan rencana kelompok anarkis tersebut.
“Tujuannya ada situasi keresahan dimanfaatkan mereka untuk mengajak masyarakat untuk melakukan keonaran dan ajakannya membakar, kemudian menjarah," ujar Nana.
ADVERTISEMENT
Atas perbuatannya ketiga tersangka dijerat Pasal 14 Undang-undang RI nomor 1 tahun 1946, Pasal 15 Undang-undang RI nomor 1 tahun 1946, dan Pasal 160 KUHP.
Keempat tersangka yakni bernama Aflah (18), Rio (18), dan Rizky (19, serta Bunga (21). Mereka masih tergolong remaja.