News
·
28 Mei 2018 10:34

Israel Mulai Bangun Pembatas Laut di Gaza

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Israel Mulai Bangun Pembatas Laut di Gaza (7322)
Israel bangun pembatas di perairan Gaza (Foto: REUTERS/Amir Cohen)
Israel memulai pembangunan pembatas di perairan Gaza untuk mencegah warga dan nelayan Palestina masuk ke wilayah tersebut.
ADVERTISEMENT
Pembatas tersebut berupa tembok laut dilengkapi dengan kawat berduri. Rencananya pembangunan pembatas yang hanya berjarak beberapa kilometer dari garis pantai Gaza itu rampung pada akhir tahun ini.
Israel Mulai Bangun Pembatas Laut di Gaza (7323)
Israel bangun pembatas di perairan Gaza (Foto: REUTERS/Amir Cohen)
"Pembatas macam ini hanya ada satu di dunia, ini akan bekerja efektif untuk memblokir warga Palestina yang akan menyusup ke Israel melalui laut," ucap Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, seperti dikutip dari AlJazeera, Senin (28/5).
"Ini adalah upaya lanjutan untuk meredam Hamas serta menghilangkan kemampuan strategisnya," sambung dia.
Pembangunan pembatas telah direncanakan sejak 2014 lalu. Hal ini dilakukan usai perang antara Israel dan Hamas pecah di tahun yang sama.
Sejak Hamas menguasai Gaza pada 2007, Israel mulai memberlakukan blokade laut di wilayah tersebut.
ADVERTISEMENT
Blokade dilakukan Israel dengan cara menempatkan kapal patroli di beberapa titik. Kapal itu ditujukan untuk mencegah nelayan Gaza masuk ke perairan milik Israel.
Sebelum batas laut dibangun, garis batas melaut nelayan Gaza hanya sepanjang 11 kilometer dari bibir pantai. Israel tak segan-segan melepaskan tembakan jika ada nelayan Gaza yang melewati batas.
Israel Mulai Bangun Pembatas Laut di Gaza (7324)
Israel bangun pembatas di perairan Gaza (Foto: REUTERS/Amir Cohen)