kumparan
10 November 2019 10:15

Istana: Penambahan Wamen Baru Dua, Sisanya Belum Dibahas

Pelantikan Presiden 2019, Joko Widodo dan keluarga, PTR
Presiden Joko Widodo bersama keluarga bersiap menuju tempat pelantikan presiden dan wakil presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/10). Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Presiden Joko Widodo akan menambah sejumlah wakil menteri (Wamen) dalam Kabinet Indonesia Maju. Namun, Jokowi belum menyebutkan kementerian mana lagi yang akan ada posisi wamen dan siapa yang akan mengisi jabatan itu.
ADVERTISEMENT
"Belum," kata Jokowi sambil tersenyum, usai memimpin upacara Hari Pahlawan Nasional di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11)
Di lokasi yang sama, juru bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman, mengungkapkan baru ada dua tambahan wakil menteri yang sudah dibicarakan. Keduanya yaitu Wakil Panglima TNI dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).
"Yang ada dibicarakan baru dua, Wakil Panglima (TNI) dan Wakil Mendikbud," kata Fadjroel di lokasi yang sama.
Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman
Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman memberikan keterangan pers usai bertemu Jokowi. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Menurut Fadjroel, penambahan Wakil Panglima TNI dan Wakil Mendikbud sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). Menurutnya, nama wakil menteri itu akan segera diumumkan. Sedangkan wakil menteri yang lainnya masih dibicarakan.
"Yang baru ada Perpresnya saja, yang baru ada Perpresnya kan baru Kemendikbud ya, terus soal Wakil Panglima TNI," kata dia.
ADVERTISEMENT
"Jadi di luar itu, seperti Pak Jokowi tadi katakan, belum dibicarakan. Jadi yang sudah terbit akan kita proses secepatnya, dalam proses. Ada (wakil) Kemendikbud dan Wakil Panglima TNI," lanjut Fajroel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan