kumparan
10 Oktober 2018 9:16

Ivanka Trump Bantah Spekulasi Dirinya Akan Gantikan Nikki Haley

Ivanka Trump
Ivanka Trump (Foto: Dok. REUTERS/Kevin Lamarque)
Ivanka Trump membantah spekulasi bahwa dirinya akan menggantikan Nikki Haley sebagai Duta Besar Amerika Serikat di PBB. Beberapa nama telah beredar untuk menggantikan Haley, namun Ivanka menegaskan itu bukan dirinya.
ADVERTISEMENT
"Sebuah kehormatan bekerja di Gedung Putih bersama dengan banyak rekan yang heebat dan saya tahu Presiden akan menemukan pengganti yang hebat untuk posisi Dubes Haley. Pengganti itu bukan saya," kata Ivanka di akun Twitternya, Selasa (9/10), seperti dikutip Reuters.
Sebelumnya nama Ivanka muncul di tengah-tengah publik AS sebagai salah satu calon pengganti Haley yang tiba-tiba menyatakan mengundurkan diri. Haley akan mengakhiri tugasnya mewakili AS di PBB pada akhir tahun ini.
Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley
Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley. (Foto: REUTERS/Toya Sarno Jordan)
Tidak hanya Ivanka, ayahnya juga membantah putrinya akan menjadi pengganti Haley. Menurut Trump, Ivanka adalah wanita yang hebat, tapi dia tidak akan dipilih karena bisa dituduh nepotisme.
"Kami melihat beberapa orang. Ivanka akan sangat hebat. Tidak ada hubungannya dengan nepotisme. Tapi saya katakan kepada kalian, orang-orang tahu, tahu bahwa Ivanka sangat hebat. Tapi kau tahu, saya akan dituduh nepotisme," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.
ADVERTISEMENT
Trump menyebutkan ada lima nama calon pengganti Haley, salah satunya adalah mantan penasihat Gedung Putih dan direktur Goldman Sachs Dina Powell. Duta Besar AS untuk Jerman, Richard Grenell, kata Trump tidak masuk dalam daftar namun dia bisa dipertimbangkan.
Powell menjabat Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih di awal pemerintahan Trump dan memainkan peran kunci dalam diplomasi AS di Timur Tengah. Dia kembali ke Goldman Sachs awal tahun ini.
Untuk pemilihan Dubes AS di PBB berikutnya, kata Trump, akan dibantu langsung oleh Haley sendiri. Menurut Trump, Haley telah menyatakan pengunduran dirinya sejak enam bulan lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan