News
·
11 September 2018 10:53

Jadi Warga Kehormatan Seoul, Jokowi Ingin Dapat Resep Cheonggyechoen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jadi Warga Kehormatan Seoul, Jokowi Ingin Dapat Resep Cheonggyechoen (484535)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan rombongan berjalan-jalan di pinggir Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korsel, Selasa (11/9/2018). (Foto: Setkab.go.id)
Presiden Jokowi adalah warga kehormatan Seoul sejak tahun 2017. Sebagai warga kehormatan, dia diperkenankan meminta apa saja. Namun, Jokowi hanya ingin satu hal: apa resep pemerintah Seoul menyulap Sungai Cheonggyecheon menjadi indah dan bersih seperti sekarang.
ADVERTISEMENT
"Kalau jadi warga kehormatan di sini minta apa saja diberi. Saya minta resepnya bangun apa ini Sungai Chonggyesheon ini ke Mayor Park (Won-soon)," kata Jokowi yang didampingi Wali Kota Seoul Park Won-soon, saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, pada Selasa (11/9) pagi. Jokowi melawat ke Korsel sejak Minggu (9/9).
Park Wo-soon sangat terkesan dengan kehadiran Presiden Jokowi di Sungai Cheonggyecheon ini dan dirinya siap membantu permasalahan sungai di Jakarta.
"Jakarta dan Seoul adalah sister city, apa pun yang Bapak perlukan kami siap karena Bapak (Presiden Jokowi) warga kehormatan Seoul," kata Park Wo-soon seperti dikutip dari Antara.
Jadi Warga Kehormatan Seoul, Jokowi Ingin Dapat Resep Cheonggyechoen (484536)
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Wali Kota Seoul menyusuri Sungai Cheongyecheon, Seoul, Korsel, Selasa (11/9/2018). (Foto: Setkab.go.id)
Dalam kegiatan jalan-jalan pagi ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Syafruddin, Kepala BEKRAF Triawan Munaf, dan Dubes RI untuk Korsel Umar Hadi.
ADVERTISEMENT
Jokowi mengungkapkan Sungai Cheongyechong yang membelah Seoul sepanjang 8 kilometer dan 5,8 km sudah dalam kondisi jernih. Dia berharap sungai di Jakarta, termasuk Sungai Ciliwung, disulap sebersih Sungai Cheongyechong.
"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan, menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," kata Jokowi.
Jokowi mengatakan jika ada kemauan maka bisa langsung dibangun tanpa ada peraturan yang untuk mengaturnya.
"Ini hanya 2,3 tahun zaman Wali Kota Lee Myung-Bak sungai bersih seperti ini, sehingga wali kotanya jadi presiden," katanya.
Sungai Cheonggyecheon direstorasi pada tahun 2003-2005. Sungai ini selain menjadi tempat warga Seoul kongkow, juga menjadi tujuan wisata turis asing.
Apakah Anda pernah mampir ke Sungai Cheonggyecheon? Silakan bercerita di kolom komentar.
ADVERTISEMENT