kumparan
News23 Mei 2020 15:07

Jakarta Masih PSBB, Anies Tak Gelar Open House Lebaran

Konten Redaksi kumparan
PTR, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Momen hari raya Idul Fitri 1441 H tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Indonesia sedang menghadapi pandemi virus corona. Sejumlah pejabat termasuk Presiden Jokowi memutuskan tak mengadakan open house untuk mencegah kerumunan.
ADVERTISEMENT
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga memutuskan meniadakan kegiatan open house yang biasa menjadi kegiatan rutin seusai pelaksanaan salat Idul Fitri. Keputusan ini mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang masih berlaku hingga 4 Juni 2020.
"Sehubungan dengan masih berlakunya status PSBB di Provinsi DKI Jakarta, maka disampaikan bahwa kegiatan yang biasa kami selenggarakan di bulan Syawal yaitu halal bi halal ataupun open house dalam rangka Idul Fitri, bersama ini dinyatan tidak diselenggarakan," tulis surat pemberitahuan yang diteken Anies, Sabtu (23/5).
Anies hadiri hari santri di Masjid Jami Al Mansur
Anies hadiri hari santri di Masjid Jami Al Mansur Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Anies mengingatkan warga Jakarta untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan dengan tetap di rumah selama libur Idul Fitri. Ia meminta kedisplinan bersama selama wabah virus corona masih berlangsung di Jakarta.
ADVERTISEMENT
"mari kita melaksanakan dengan tertib dan disiplin semua ketentuan dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar," ujar Anies.
Di akhir, Anies mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
"Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga semua ibadah di bulan Ramadhan kemarin mengantarkan kita pada deraja mutaqin," tutupnya.
Anies sebelumnya meminta masyarakat tidak melonggarkan diri dan melupakan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan saat Lebaran.
Pihaknya pun telah mengeluarkan sejumlah imbauan dalam menyambut Lebaran, seperti tidak ada takbir keliling, salat id di rumah masing-masing, dan bersilaturahmi secara virtual.
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.