kumparan
8 Juni 2019 17:33

Jalur Gentong Arah Nagreg Macet 15 Km, Polisi Rencanakan One Way

Arus Balik di Jalur Selatan Lingkar Gentong
Arus Balik di Jalur Selatan Lingkar Gentong. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Kondisi lalu lintas di jalur Gentong, Tasikmalaya, arah Nagreg, Bandung, macet. Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menyebut kemacetan disebabkan karena bertemunya 2 arus kendaraan dan jalan yang sempit.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan, Sabtu (8/6) sore, Jalur Gentong dari Tasikmalaya arah Bandung dan Jakarta tersendat kurang lebih 15 kilometer.
"Khususnya tadi kalau kita lihat pergerakan kendaraan cukup pelan bahkan ada yang berhenti. Khususnya ketika melintas di Limbangan, Pasar Badrek, dan Pasar Leo hingga Malangbong," ujar Refdi, Sabtu (8/6) di Pos Letter U Tasikmalaya, Jawa Barat.
"Kalau kita lihat dan hitung (macet) kira-kira 15 kilometer lah, tetapi menurut Kapolres Garut, Kapolres Tasik, dan Kapolres Bandung ini bisa diurai," imbuhnya.
Kepadatan, Jalur Mudik Nagreg,
Kepadatan kendaraan di Jalur Mudik Nagreg dari arah Bandung menuju Garut. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Untuk mengantispasi macet berkepanjangan, Refdi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, yakni pengalihan arus, pemberlakuan sistem buka tutup dan one way yang akan diberlakukan secara situasional.
"Ada dua pola penguraian, pertama pengalihan arus dan itu sudah biasa dilakukan, kemudian buka tutup sampai melakukan one way. Mudah mudahan kalau sudah dilakukan, sudah kembali normal," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Refdi mengimbau pengendara di jalur Nagreg agar selalu mengutamakan aspek keselamatan. Sementara itu, pada arah sebaliknya --menuju Tasikmalaya-- terlihat lancar. Belum terlihat adanya penumpukan kendaraan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan