Jasa Marga Masuk Top 500 Fortune Southeast Asia 2024

22 Juni 2024 11:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jasa Marga. Foto: dok. Jasa Marga
zoom-in-whitePerbesar
Jasa Marga. Foto: dok. Jasa Marga
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Jasa Marga (Persero) Tbk masuk ke dalam jajaran 500 perusahaan terbesar dan terbaik se-Asia Tenggara versi Fortune Southeast Asia 500 Tahun 2024. Dalam daftar tersebut, Jasa Marga berhasil menduduki peringkat ke-213.
Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga, Nixon Sitorus, mengatakan capaian tersebut menandakan perusahaan mampu menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan finansial.
Ia menambahkan, Jasa Marga konsisten melakukan sejumlah inisiatif strategis sepanjang tahun 2023.
"Dari sisi top line, Jasa Marga memastikan target tumbuhnya pendapatan usaha dapat tercapai salah satunya dengan pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru untuk menjaga pertumbuhan volume kendaraan, mengupayakan penyesuaian tarif tol sesuai rencana bisnis dan meningkatkan pertumbuhan pendapatan usaha lain," kata Nixon.
Perseroan pun berhasil meningkatkan kinerja positif pada tahun 2023. Hal ini tercermin dari jumlah pendapatan usaha sebesar Rp 15,6 triliun atau tumbuh 12,9 persen. Kontribusi terbesar yakni bersumber dari pendapatan tol sejumlah Rp 14 triliun yang meningkat 12,1 persen dari tahun 2023, serta pendapatan usaha lain sebesar Rp 1,6 triliun atau naik 20,9 persen.
"Sehingga perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 6,8 triliun sepanjang tahun 2023. Sedangkan untuk core profit perseroan sepanjang tahun 2023 adalah sebesar Rp 2,7 Triliun, atau meningkat 196,7 persen dari core profit tahun sebelumnya," ucap Nixon.
Jasa Marga sebagai operator jalan tol pertama dan terbesar di Indonesia terus berkomitmen menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.264 km atau 47 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. Sementara, total konsesi jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga mencapai 1.736 km.
Dalam menjaga pelayanan kepada pengguna jalan tol agar tetap optimal, Jasa Marga terus menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol Jasa Marga Group.
Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio