kumparan
25 Oktober 2019 10:59

Jejak Bekas Selir Thailand Hilang di Medsos dan Internet

Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi (NOT COVER)
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Kerajaan Thailand seakan ingin menghilangkan jejak bekas selir Sineenat Wongvajirapakdi. Seluruh foto-foto resmi dan akun media sosial Sineenat dilaporkan hilang di internet setelah dia dicopot gelarnya.
ADVERTISEMENT
Berbagai media, salah satunya Reuters, pada Selasa lalu melaporkan bahwa biografi Sineenat telah hilang dari situs istana. Puluhan foto-fotonya yang sebelumnya ada di situs istana juga raib tak tersisa.
Berbagai akun Instagram tidak terverifikasi milik Sineenat telah ditutup dalam semalam. The Guardian menuliskan, Raja Vajiralongkorn berhak melakukan itu semua karena dia berkuasa atas politik, media, dan sistem peradilan di Thailand.
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Sebelumnya pada Agustus lalu, kerajaan Thailand di situsnya merilis lebih dari 60 gambar Sineenat setelah wanita 34 tahun itu resmi ditunjuk selir pada Juni. Selain itu, mereka juga merilis biografinya yang setebal 46 halaman.
Dalam biografi disebut Sineenat lahir di provinsi Nan pada 26 Januari 1985. Dia memiliki keahlian perawat, militer, hingga menerbangkan pesawat. Pada 2015, dia menjadi pengawal Vajilalongkorn dan menjalin hubungan dengannya sejak itu.
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: REUTERS
Foto-foto dan biografi Sineenat sangat populer. Karena banyak yang membukanya, situs kerajaan Thailand sempat hang. Beberapa bulan kemudian, Sineenat dicopot gelarnya sebagai selir dan seluruh pangkat kemiliterannya dicabut.
ADVERTISEMENT
Alasannya, Sineenat dianggap ingin menggeser posisi ratu. Belum diketahui nasib Sineenat setelah itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan