News
·
18 Januari 2021 22:11

Jelang Pergantian Kapolri, PDIP Pindahkan Johan Budi ke Komisi III DPR

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Pergantian Kapolri, PDIP Pindahkan Johan Budi ke Komisi III DPR (46399)
Johan Budi Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Fraksi PDIP DPR RI merotasi 5 anggotanya dan dipindahkan ke komisi lain. Salah satunya adalah Johan Budi Sapto Pribowo, dari anggota Komisi II dipindahkan ke Komisi III, juga sebagai anggota.
ADVERTISEMENT
Pemindahan Johan Budi ke Komisi III tertuang dalam salinan surat keputusan Fraksi PDIP yang dikeluarkan hari ini, Senin (18/1), dan ditandatangani oleh Ketua Fraksi Utut Adianto.
Belum diketahui alasan pemindahan Johan Budi ke Komisi III. Namun, rotasi ini dilakukan hanya dua hari sebelum pelaksanaan fit and proper test calon Kapolri yang baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo, pada Rabu (20/2).
Agenda fit and proper test Komjen Listyo Sigit diundur dari jadwal semula, yakni Selasa (19/1) menjadi Rabu. Rencananya, uji kelayakan dan kepatutan ini akan berlangsung pukul 10.00 WIB.
Bahkan, hari ini Johan Budi masih mengikuti rapat kerja bersama Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam pembahasan soal RUU ASN. Ia ikut memberikan saran agar Tjahjo ikut mengangkat guru honorer di atas 35 tahun.
Jelang Pergantian Kapolri, PDIP Pindahkan Johan Budi ke Komisi III DPR (46400)
SK Rotasi Anggota DPR PDIP. Foto: Dok. Istimewa
Saat di Komisi II, pria yang pernah menjadi juru bicara kepresidenan itu banyak membidangi soal pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, kepemiluan, hingga reforma agraria.
ADVERTISEMENT
Selama di Komisi II, Johan Budi dikenal cukup vokal dan banyak memberikan pandangannya. Ia juga pernah menyemprot Mendagri Tito Karnavian --yang juga mantan Kapolri-- karena datang telat dalam raker perdana bersama Komisi II DPR pada November 2019.
Dengan dipindahkan ke Komisi III, eks jubir KPK itu akan lebih banyak mengurusi soal hukum, HAM, dan keamanan.
Johan Budi lolos sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dengan dapil Jawa Timur VII, meliputi Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.