News
·
12 April 2021 12:36

Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Mulai Puasa Hari Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Mulai Puasa Hari Ini (139746)
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah saat menjalankan tarawih, di Jalan Kongsi, Marendal, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (11/4). Foto: Dok. stimewa
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Sumatera Utara, mulai menjalankan puasa hari ini, Senin (12/4). Mereka juga telah melaksanakan ibadah tarawih pada Minggu (11/4) malam.
ADVERTISEMENT
Dewan Mursyidin Naqsyabandi Al Kholidiyah, Syekh Muda Khoiruddin, mengatakan, keputusan puasa hari ini sesuai dengan hasil Hisab Qomariyah Tarekat Naqsabandiyah melalui sidang fatwa.
"Karena jatuhnya hari pertama Ramadhan pada hari Senin, maka dari itu, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah mulai Minggu malam tadi melaksanakan salat Tarawih pertama," ujar Khoiruddin, kepada wartawan, Senin (12/4).
Khoiruddin tidak menjelaskan secara detail penghitungan hisab versi mereka. Namun metode itu sudah diajarkan dari tuan guru mereka secara turun temurun.
" (Dan) Perhitungan tersebut sudah melalui kajian perhitungan yang dipimpin langsung oleh Buya Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah," ujar Khoiruddin.
Terkait pelaksanaan salat Tarawih, kata Khoiruddin, jumlah jemaahnya lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Musababnya lantaran pendemi corona. Banyak jemaah yang menjalankan ibadah di rumah.
ADVERTISEMENT
Namun bagi warga yang tetap melaksanakan ibadah tarawih, diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan.
"Kami tidak begitu menganjurkan untuk berduyun-duyun ke Rumah Ibadah Suluk ini untuk melaksanakan ibadah salat Tarawih. Karena kami masih mengingat tingginya angka kasus COVID-19 saat ini," ujarnya.
Meskipun saat ini dalam keadaan pandemi, Khoiruddin berharap jemaah Tarekat Naqsabandiyah dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
" Kita juga berharap semoga di bulan suci Ramadhan 1442 pandemi COVID-19 cepat berlalu sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas dan mencari rezeki dengan situasi normal," harapnya.