kumparan
search-gray
News3 Februari 2020 15:49

Jenazah Gus Sholah Dimakamkan

Konten Redaksi kumparan
Video
Jenazah KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) telah dimakamkan di kompleks pemakaman Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Ribuan santri dan warga turut mengantarkan jenazah menuju ke pemakaman.
ADVERTISEMENT
Rencananya jenazah adik dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini akan dimakamkan sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (3/2), namun dimajukan sekitar satu jam. Setelah disalatkan di Masjid Tebuireng, jenazah kemudian dibawa ke kompleks pemakaman Ponpes.
Jenazah Gus Sholah Dimakamkan (786478)
Petugas keamanan berjaga saat kerumunan orang menyambut kedatangan jenazah Gus Sholah di Ponpes Tebuireng, Jombang, Senin (3/2). Foto: kumparan
Sejumlah tokoh turut menghadiri pemakaman sang kiai yang juga dikenal sebagai aktivis dan intelektual muslim ini. Di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Dardak, Mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Mantan Mendikbud M Nuh, Hotman Paris, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), dan putri Gus Dur Alisa Wahid.
Jenazah Gus Sholah Dimakamkan (786479)
Pelayat membawa jenazah Gus Sholah saat akan diberangkatkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: Fanny Kusumawardhani
Proses pemakaman, pembacaan talqin, dan doa dipimpin oleh KH Masduki dari Ponpes Perak, Jombang. Setelah proses pemakaman usai, para warga berangsur-angsur mulai meninggalkan lokasi.
ADVERTISEMENT
Gus Sholah meninggal dunia setelah dirawat selama dua pekan di RS Jantung Harapan Kita karena gangguan ritme jantung. Mantan anggota MPR itu mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (3/2), sekitar pukul 20.55 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white