News
·
18 September 2020 13:00

Jenazah Rinaldi, Korban Mutilasi di Kalibata City, Akan Dimakamkan di Sleman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jenazah Rinaldi, Korban Mutilasi di Kalibata City, Akan Dimakamkan di Sleman (217748)
Suasana rumah duka almarhum Rinaldi Harley Wismanu di Nologaten, Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (17/5). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Seorang pria bernama Rinaldi Harley Wismanu (32) menjadi korban mutilasi di Apartemen Pasar Baru Mansion dan jasadnya ditemukan di apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Alumnus Sastra Jepang FIB UGM tersebut rencananya dimakamkan di Sasanalaya/Pemakaman Nologaten, Kabupaten Sleman, DIY. Diketaui Rinaldi merupakan warga Nologaten sebelum akhirnya kuliah di Jepang dan meranta ke Jakarta.
"(Rinaldi) dimakamkan di sini. Makam itu memang untuk warga Nologaten. Sasanalaya Nologaten," kata Ketua RW 04 Nologaten, Purwoko, saat ditemui pada Jumat (18/9).
Meski demikian, Purwoko maupun pihak keluarga belum mendapatkan informasi kapan jenazah tiba di Sleman. Berdasarkan informasi yang ia terima, jenazah masih dites DNA.
"Menurut informasi resminya belum (ada). Dari keluarga tetap nunggu dari Jakarta untuk tes DNA-nya kan. Nanti keluarnya kapan, rencananya pagi ini (tesnya)," katanya.
Jenazah Rinaldi, Korban Mutilasi di Kalibata City, Akan Dimakamkan di Sleman (217749)
Suasana rumah duka Rinaldi Harley Wismanu (32) yang menjadi korban mutilasi di unit kamar lantai 16 Tower Ebony, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (16/9). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Purwoko menambahkan, rencananya jenazah akan dibawa ke Sleman melalui jalur darat. Jika Jumat (18/9) ini tiba, jenazah segera dimakamkan.
ADVERTISEMENT
"Info kan perjalanan darat kalau siang ini keluar sampai sini malam. Kalau harapan kita masih dibawah jam 9 malam akan langsung dimakamkan," ucapnya.
Purwoko mengatakan terus berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait jadwal kedatangan jenazah. Hal ini untuk persiapan pemakaman.
"Info apa pun (keluarga) tolong disampaikan untuk koordinasi lingkungan seperti liang lahat termasuk juga parkir dan sebagainya kita persiapkan. Termasuk tempat untuk salat jenazah. Kita siapkan," tutur Purwoko.
Jenazah Rinaldi, Korban Mutilasi di Kalibata City, Akan Dimakamkan di Sleman (217750)
Polda Metro Jaya menunjukkan tersangka pembunuhan dan mutilasi Rinaldi saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/9). Foto: Dok. Istimewa
Rinaldi ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi menjadi 11 bagian di salah satu kamar di lantai 16 tower Ebony apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (16/9).
Tak lama usai jasadnya ditemukan, polisi menangkan 2 pelaku. Kedua pembunuh Rinaldi merupakan pasangan kekasih yakni Djumadil Al Fajri dan Laeli Atik Supriyatin.
ADVERTISEMENT
Pasangan tersebut tega membunuh dan memutilasi Rinaldi untuk menguasai harta benda korban. Tabungan korban senilai Rp 97 juta dibuat foya-foya.
Laeli, alumnus FMIPA UI, menjebak korban untuk bertemu di Aparteman Pasar Baru Mansion yang telah disewa selama seminggu.
Alhasil, Laeli dan Fadjri dijerat Pasal 340 atau Pasal 338 KUHP dan 365 KUHP dengan ancaman hukuman mati.