News
·
24 Oktober 2019 19:46

Jokowi: Ada Wakil Menteri Asal Papua

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi: Ada Wakil Menteri Asal Papua (4639)
Presiden Joko Widodo bersiap foto bersama dengan Kabinet Indonesia Maju di beranda Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Jokowi memilih Bahlil Lahadalia yang merupakan putra asli Papua sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), lembaga setingkat kementerian.
ADVERTISEMENT
Jokowi pernah berjanji memilih perwakilan dari tanah Papua untuk menjadi menteri di kabinetnya. Tak cukup sampai di situ, Jokowi juga menjanjikan akan menempatkan tokoh dari kalangan Papua di posisi wakil menteri (wamen).
Jokowi: Ada Wakil Menteri Asal Papua (4640)
Bahlil tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2019). Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Namun, Jokowi belum mau membeberkan sosok asli Papua yang akan mengisi pos wamen itu. Yang jelas, kata Jokowi, ada 2 orang asli Papua dalam Kabinet Indonesia Kerja.
"Ada Pak Bahlil itu kan dari Papua. Nanti ada lagi di wakil menteri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).
"(asli) Papua ada dua (Bahlil dan 1 wamen)," imbuhnya.
Jokowi: Ada Wakil Menteri Asal Papua (4641)
Presiden Joko Widodo (kiri) saat berdialog dengan wartawan kepresidenan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Sampai saat ini, Jokowi mengaku masih tengah merampungkan susunan wamen. Sebelumnya, Jokowi memilih Bahlil karena rekam jejaknya sebagai pengusaha muda andal.
Jokowi: Ada Wakil Menteri Asal Papua (4642)
Infografik Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Kevin S Kurnianto/kumparan
Jokowi pernah memastikan di kabinet barunya akan ada representasi Papua. Hal ini diungkapkan Jokowi usai menerima siswa dan siswi sekolah dasar asal Papua di halaman belakang Istana Merdeka, pada 11 Oktober lalu.
ADVERTISEMENT
"Saya pastikan ada," ujar Jokowi singkat di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/10).