News21 Mei 2018 14:06

Jokowi Bagikan 510 Sertifikat Tanah Wakaf Masjid dan Ponpes di Padang

Konten Redaksi kumparan
Jokowi Bagikan 510 Sertifikat Tanah Wakaf Masjid dan Ponpes di Padang (86624)
Jokowi dan Iriana di Stasiun Padang. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Usai meresmikan kereta api bandara di Bandara Internasional Minangkabau dan melakukan perjalanan singkat selama 40 menit ke Stasiun Padang, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Masjid Jamiatul Huda Ketaping.
ADVERTISEMENT
Setibanya di masjid, Jokowi dan Iriana terlebih dahulu mengambil wudhu. Selanjutnya, Jokowi secara simbolis memberikan sertifikat tanah wakaf kepada 12 orang warga. Sertifikat tanah wakaf ini diperuntukkan bagi madrasah, pondok pesantren, masjid, dan musala.
"Alhamdulillah pada siang hari ini telah diserahkan pada Bapak Ibu sekalian sebanyak 510 sertifikat di Sumatera Barat ini. Ini baru sebagian kecil, paling tidak sudah kita mulai," kata Jokowi di Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5).
Jokowi mengungkapkan, alasan ia meminta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil agar segera menyelesaikan sertifikat untuk masjid, musala, pondok pesantren, dan madrasah karena keluhan warga kepadanya, setiap kali ia mengadakan kunjungan kerja, khususnya ke kampung dan desa. Mereka, kata Jokowi, kerap mengeluhkan soal adanya sengketa lahan.
ADVERTISEMENT
"Kenapa saya memerintahkan kepada Menteri BPN (Sofyan Djalil) untuk menyelesaikan sertifikat-sertifikat baik itu untuk masjid, musala, surau, ponpes, madrasah? Karena setiap saya turun ke kampung, ke desa, seringkali saya mendengar belum bersertifikat. Beberapa di antaranya mengeluh kepada saya ada sengketa lahan," tuturnya.
"Sehingga dengan sertifikat tanda bukti hak tanah yang dimiliki masjid, musala, pondok, dan lain-lainnya kita harapkan sengketa lahan tak ada lagi. Karena ini sudah kita berikan pada bapak dan ibu sekalian," ucap Jokowi.
Ada 7 kota di Sumatera Barat yang mendapatkan sertifikat tanah wakaf yaitu Padang, Bukittinggi, Padangpanjang, Payakumbuh, Solok, Sawahlunto, dan Pariaman. Selain 7 kota itu, Jokowi juga menyerahkan sertifikat tanah wakaf kepada 12 kabupaten di Sumatera Barat.
ADVERTISEMENT
Setelah pembagian sertifikat tanah wakaf, Jokowi lalu melaksanakan Salat Zuhur berjemaah. Dalam kesempatan ini turut hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil ESDM Archandra Tahar, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white