kumparan
search-gray
News29 Januari 2020 12:47

Jokowi Ingatkan Bahaya TBC: Jenderal Sudirman Wafat karena TBC

Konten Redaksi kumparan
Joko Widodo, Ridwan Kamil, POTRAIT
Presiden, Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil . Foto: dok. setpres
Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Jawa Barat juga menghadiri sekaligus meresmikan 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020' di Cimahi, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Jokowi dalam sambutannya mengaku mendukung penuh gerakan pemberantasan TBC di Kota Cimahi.
"Saya ingin mendukung keras kegiatan ini, kegiatan bersama menuju eliminasi TBC di 2020. Percuma kalau masyarakat kita enggak sehat, merembetnya ke mana-mana, bisa ke kesehatan, keberlanjutan dalam bekerja, di mana-mana," kata Jokowi di Cimahi Techno Park, Jawa Barat, Rabu (29/1).
Jokowi mencontohkan, betapa bahaya TBC sangat berdampak bagi manusia. Bahkan, Panglima Besar Jenderal Soedirman meninggal juga karena penyakit TBC
"Pahlawan besar kita Jenderal Soedirman meninggal karena TBC," sebutnya.
Jokowi, Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020
Presiden Jokowi resmikan 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2020' di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI itu mengaku sangat menghargai Puskesmas, Yayasan dan kader-kader yang bergerak di dalam pengurangan (eliminasi) TBC 2020.
"Fokusnya bukan hanya pengobatan. Saya setuju ini. Tapi pencegahan lebih baik. Sebaiknya perkembangan di perkotaan, pedesaan, membangun rumah-rumah sehat itu menjadi kunci," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Hadir juga dalam kesempatan itu, Menkes Terawan Agus Putranto, Mensos Juliari Batubara, Seskab Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat dan pejabat-pejabat lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white