Jokowi Jajal Kereta Feeder ke Stasiun Bandung, Raffi hingga Cak Lontong Ikut

13 September 2023 11:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Raffi Ahmad terlihat mengikuti uji coba KCJB bersama Presiden Joko Widodo. Dok: Rachmadi Rasyad/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Raffi Ahmad terlihat mengikuti uji coba KCJB bersama Presiden Joko Widodo. Dok: Rachmadi Rasyad/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dari Stasiun KCJB Halim ke Stasiun Padalarang.
ADVERTISEMENT
Dari Stasiun Padalarang, Jokowi kemudian menggunakan kereta feeder menuju Stasiun Bandung. Jokowi tiba di Stasiun Bandung sekitar pukul 10.00 WIB.
Selain Jokowi, di Stasiun Bandung terlihat pula sejumlah influencer seperti Raffi Ahmad, Marsha Timothy, Vino G. Bastian, Yuni Shara, Nirina Zubir, Addie MS, Armand Maulana, hingga Gading Martin.
Kemudian, selain influencer, terlihat pula sejumlah menteri yang ikut serta dalam rombongan di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.
Cak Lontong dan Saykoji terlihat mengikuti uji coba KCJB bersama Presiden Joko Widodo. Dok: Rachmadi Rasyad/kumparan
Jokowi belum memberikan keterangan kepada awak media mengenai pengalamannya menggunakan kereta cepat dan kereta feeder. Dia langsung menaiki mobil. Sebelum mobil melaju, Jokowi pun terlihat sempat membagikan baju kepada masyarakat yang ada di stasiun.
ADVERTISEMENT
Sementara, Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, memastikan sarana dan prasarana penunjang operasional kereta feeder yang ada di wilayah Daop II Bandung sudah siap 100 persen.
"Kalau Daop II sendiri sih untuk yang dalam wewenang dan bagiannya Daop II itu sudah 100 persen. Jadi, sarana sudah siap, prasarana sudah siap dan fasilitas pendukung pelayanan sudah siap," kata dia.
Rencananya, menurut Mahendro, ada lima rangkaian kereta feeder yang akan dioperasikan. Satu rangkaian kereta terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas 200 orang.
"Jadi kalau proyeksinya itu nanti ada lima rangkaian KA feeder, tapi yang sudah ada di bandung itu baru empat. Satu masih di Yogya. Nah, nanti pola operasinya adalah dua multiple unit dan satu single unit. Jadi, dari satu rangkaian kereta feeder itu ada empat kereta," ujar dia.
Vino G Bastian dan Marsha Timothy terlihat mengikuti uji coba KCJB bersama Presiden Joko Widodo. Dok: Rachmadi Rasyad/kumparan
Sementara terkait dengan jam operasional dari kereta feeder, Mahendro belum mengetahuinya secara pasti. Namun, menurut dia, jam operasional kereta feeder akan disesuaikan dengan jam operasional dari kereta cepat.
ADVERTISEMENT
"Fungsinya KA feeder ini kan pendukung konektivitas KCJB, jadi nanti akan menyesuaikan, tinggal nanti KCJB-nya jam berapa," kata dia.