News
·
11 September 2018 10:11

Jokowi: Kalau Sungai Ciliwung Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon, Wow…

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi: Kalau Sungai Ciliwung Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon, Wow… (481615)
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Wali Kota Seoul menyusuri Sungai Cheongyecheon, Seoul, Korsel, Selasa (11/9/2018). (Foto: Setkab.go.id)
Bagi masyarakat Indonesia yang pernah berwisata ke Seoul, tentu tahu bagaimana bersih dan indahnya Sungai Cheonggyecheon yang membelah ibu kota Korsel itu. Nah, Presiden Jokowi ingin Sungai Ciliwung yang membelah Jakarta bisa sebersih Sungai Cheonggyecheon.
ADVERTISEMENT
“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” kata Presiden Jokowi mengomentari kondisi Sungai Cheonggyecheon, yang di sisi kanan kirinya memang tampak indah, bersih, dan nyaman untuk dilalui pejalan kaki.
Situs Sekretariat Kabinet melansir, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja mengawali kegiatan pada hari ketiga kunjungannya ke Seoul, Selasa (11/9) pagi, dengan melakukan jalan kaki menyusuri Sungai Cheonggyecheon.
Mengenakan kaos putih dibalut dengan jaket merah, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut Wali Kota Seoul Park Won-soon untuk kemudian bersama-sama menikmati jalan pagi di tepi sungai yang bersih itu.
Presiden Jokowi meyakini, sungai-sungai di Jakarta kalau mau dikerjakan sebagaimana Sungai Cheonggyecheon, pasti bisa. "Ini hanya 2,3 tahun, zaman Wali Kota Lee Myung-bak sungai bersih seperti ini, sehingga wali kotanya jadi presiden," katanya.
ADVERTISEMENT
Jokowi mengungkapkan bahwa panjang sungai yang membelah ibu kota Korea Selatan ini sepanjang 8 kilometer dan 5,8 km di antaranya sudah dalam kondisi jernih.
Jokowi: Kalau Sungai Ciliwung Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon, Wow… (481616)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan rombongan berjalan-jalan di pinggir Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korsel, Selasa (11/9/2018). (Foto: Setkab.go.id)
"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," kata Jokowi.
Jokowi mengatakan jika ada kemauan maka bisa langsung dibangun tanpa ada peraturan yang untuk mengaturnya.
Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Syafruddin, Kepala BEKRAF Triawan Munaf, dan Dubes RI untuk Korsel Umar Hadi.
Sungai Cheonggyecheon direstorasi pada tahun 2003-2005. Sungai ini selain menjadi tempat warga Seoul kongkow, juga menjadi tujuan wisata turis asing. Sungai ini juga kerap dijadikan lokasi syuting film dan drama Korea.
ADVERTISEMENT