Jokowi Makan Malam Bakmi Pak Pele hingga Bagi Sembako ke Tukang Becak di Yogya

1 Juni 2023 23:06
·
waktu baca 3 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana Bakmi Pak Pele di kawasan Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta. Warung tersebut jadi tempat makan malam Jokowi hari ini, Kamis (1/5). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi berkunjung ke Yogyakarta, Kamis (1/6). Jokowi tiba di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung, Gondomanan Kota Yogyakarta, pada siang hari.
ADVERTISEMENT
Di malam harinya, Jokowi menikmati makan malam Bakmi Pak Pele yang berada di kawasan Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta.
"Habis Isya (ke sininya). Mendadak," kata Pele kepada wartawan.
Dia menjelaskan pengawal presiden datang dan memberi tahu bahwa Jokowi ingin mencicipi bakmi. Saat itu, Pak Pele diminta untuk menyiapkan tempat.
"Tiga meja (dikosongkan) karena kan nanti ya (paspampres) penak nek njaga (biar enak menjaganya) gitu," jelasnya.
Pele menceritakan para pelanggannya juga turut senang begitu mengetahui Jokowi akan datang. Mereka juga ikut berfoto dan bersalaman dengan Jokowi.
"Setalah itu datang, saya salaman sama Pak Jokowi, 'pak saya yang punya warung'," kata Pele.
Setelah Pele bersalaman, para pelanggan lain pun ikut bersalaman dengan Jokowi. Menurut Pele, Jokowi datang bersama putra ketiganya Kaesang Pangarep dan menantunya Erina Gudono.
ADVERTISEMENT
Menu yang dipesan Jokowi yakni sego goreng dan bakmi goreng. "Tapi mintanya sedikit-sedikit supaya bisa merasakan semua (menunya)," katanya.
Sementara untuk minum, Jokowi membawa sendiri. Demikian pula piring untuk Jokowi juga dibawa sendiri oleh pengawal untuk prosedur keamanan.
"Bawa sendiri (minumnya), piringnya pun juga bawa sendiri. Cuma paspampresnya yang tidak. Piringnya tadi ada sekitar 15-an," ujarnya.
Total Jokowi dan rombongan merogoh kocek Rp 3 juta di Bakmi Pak Pele. Para pelanggan lain juga tak keberatan saat Pele lebih dahulu melayani presiden.
"Kalau di porsi ini tadi saya bingung, saya cuma kira-kira, saya suruh bayar Rp 3 juta, totalnya, tapi kan banyak sekali, minta duluan semua. Nah itu sing mahal harganya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"(Pelanggan) sama kagum, Bakmi Pak Pele didatangi presiden," kata Pele yang berjualan bakmi sejak 1983.
Bagi-Bagi Sembako
Ilustrasi kota Yogyakarta. Foto: hardiyanto n/Shutterstock
Selain makan malam, Jokowi juga membagikan sembako kepada tukang becak.
"Ini beras, ada minyak ada roti. Ini teh sama gula," kata Wawan Siswantoro (56) tukang becak asal Gunungkidul.
Dia awalnya tak tahu ada Jokowi di Bakmi Pak Pele. Wawan baru tahu ada tokoh penting ketika banyak petugas keamanan.
"Becak ngantar ke bakmi Pak Pele dapat (sembako). Ya semua. Yang becak datang pasti dapat," jelasnya.
Rukun (59) tukang becak lain juga mendapatkan sembako yang sama dengan wawan. Sembako itu dibagikan oleh pengawal Jokowi.
"Dikasih sembako oleh petugas pengamanan. Tidak tahu sebelumnya kan saya cuma mangkal tahu-tahu ada tamu. Becak kan saya tata biar lancar lalu lintasnya," ujar Rukun.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi yang kumparan terima, Jumat (2/6) esok, Jokowi akan meresmikan Jembatan Kretek II di Kretek, Kabupaten Bantul.