Politik
·
12 April 2019 11:30

Jokowi soal Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia: Tindak Tegas Saja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi soal Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia: Tindak Tegas Saja (308995)
searchPerbesar
Capres no 01 Joko Widodo hadiri kampanye di Sentul, Bogor. Foto: Mirsan/kumparan
Capres nomor urut 01 Joko Widodo sudah mengetahui adanya surat suara tercoblos 01 di Selangor, Malaysia. Jokowi meminta Bawaslu dan Polri bertindak menelusuri kasus ini agar demokrasi dapat dijaga.
ADVERTISEMENT
“Seperti saya sampaikan itu dicek saja, dilakukan investigasi baik oleh Bawaslu baik oleh kepolisian. Kalau ada ada yang dilanggar ya Bawaslu bisa menindak. Atau kalau ada pidananya, Polri harus tegas lakukan tindakan hukum itu saja,” kata Jokowi usai menghadiri kampanye di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (12/4).
Jokowi soal Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia: Tindak Tegas Saja (308996)
searchPerbesar
Polisi Diraja Malaysia (PDRM) Kajang bersama Relawan Prabowo - Sandi (PADI) Malaysia berjaga di lokasi penemuan surat suara Pemilu 2019 yang diduga sudah dicoblos di sebuah rumah toko Jalan Seksyen 2/11 Kajang Selangor, Kamis (11/4). Foto: ANTARA FOTO/Agus Setiawan
Jokowi mengatakan, Pemilu 2019 harus menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan sehingga tidak menimbulkan perspektif negatif di masyarakat. Ia menyebut, Pemilu harus harus memiliki hasil yang bersih.
“Supaya apa, pemilu ini jadi sebuah pemilu yang jujur dan adil dan jangan meresahkan masyarakat dengan hal-hal seperti itu,” ujar Jokowi.
Selain itu, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke Bawaslu dan Polri. Jokowi yang juga belum berbicara dengan timsesnya terkait hal ini.
ADVERTISEMENT
“Kita serahkan ke Bawaslulah, mekanisme di pemilu ini kan Bawaslu, kalau mekanisme pidananya di polisi, itu aja,” pungkasnya.