kumparan
2 Mei 2019 10:05

Jokowi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Kaisar Baru Jepang

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Bogor. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Putra Mahkota Naruhito resmi naik takhta sebagai Kaisar Jepang menggantikan ayahnya, Akihito, yang mengundurkan diri. Berbagai ucapan selamat diberikan oleh sejumlah pemimpin dunia, salah satunya Presiden Joko Widodo.
ADVERTISEMENT
Melalui akun Instagramnya, Jokowi mengucapkan penghargaan kepada Kaisar Emeritus Akihito yang berjasa dan berkontribusi dalam pembangunan antarkedua negara.
"Penghargaan saya yang tertinggi kepada Yang Mulia Kaisar Akihito, yang baru saja turun takhta. Dedikasi beliau selama masa kekaisarannya telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di kawasan serta dalam memajukan hubungan antara masyarakat kita," kata Jokowi, Kamis (2/5).
Kaisar Jepang, Akihito menyampaikan pidato selama upacara turun tahta di ruang negara Matsu-no-Ma di Istana Kekaisaran di Tokyo. Foto: STR / Japan Pool / AFP
Selain itu, Jokowi juga memberikan ucapan selamat kepada Naruhito. Ia berharap di bawah kepemimpinan Naruhito, hubungan kemitraan Indonesia dan Jepang dapat semakin kuat.
"Ucapan selamat saya yang paling tulus atas naik takhtanya Kaisar Naruhito. Dengan masuknya Era Reiwa, Indonesia mengharapkan dapat terus memperkuat kemitraan strategis dengan Jepang, dan bekerja sama dalam mencapai harmoni yang selaras di kawasan dan dunia," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Pelantikan Naruhito sebagai Kaisar Jepang berlangsung di Istana Kekaisaran Tokyo pada Rabu (1/5) lalu. Naruhito menjadi Kaisar Jepang ke-126 dan sebagai penanda era baru kekaisaran Jepang, Reiwa.
Dalam pidato pertamanya, Naruhito menyampaikan terima kasih atas jasa dan dedikasi orang tuanya selama memimpin Jepang. Ia juga berjanji akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dan akan selalu bersama rakyat Jepang.
Kaisar baru Jepang Naruhito (kanan) saat berada di dalam kendaraan. Foto: Toshifumi Kitamura / AFP
"Saat saya naik takhta, saya berjanji saya selalu memikirkan dan mendekat dengan rakyat, saya juga akan memenuhi tugas saya sebagai simbol dan pemersatu masyarakat Jepang sesuai konstitusi," ucap Naruhito seusai pelantikan, dikutip dari Reuters.
"Saya dengan tulus berharap rakyat bahagia dan kemajuan negara ini demi perdamaian dunia," lanjutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan