Kabar Baik Corona: Vaksin Zifivax Anhui Halal; Indeks Pemulihan RI Meroket

10 Oktober 2021 7:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kabar Baik Corona: Vaksin Zifivax Anhui Halal; Indeks Pemulihan RI Meroket (66539)
searchPerbesar
Vaksin corona buatan Anhui Zhifei Longcom Pharmaceutical, China, telah mendapat EUA BPOM dengan merek Zifivax. Foto: dok Kemlu.go.id
Sejumlah kabar baik terkait penanganan pandemi corona di tanah air kembali muncul pada Sabtu (9/10). Mulai dari MUI yang menyatakan vaksin Zifivax Anhui asal China yang halal untuk digunakan hingga ranking indeks pemulihan COVID-19 RI menjadi yang teratas di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Selain dua kabar tersebut, masih ada juga beberapa kabar baik lainnya terkait penanganan corona di Indonesia. Berikut kumparan merangkum beberapa di antaranya:
Kabar Baik Corona: Vaksin Zifivax Anhui Halal; Indeks Pemulihan RI Meroket (66540)
searchPerbesar
Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh dan Direktur Pemasaran dan Kemitraan Dr. dr. Chairuddin Yunus, M. Kes dalam konferensi pers terkait vaksin Zifivax di Kantor MUI di Jakarta, Sabtu (9/10). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
MUI: Vaksin Corona Zifivax Halal
Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) mengeluarkan fatwa halal terhadap vaksin Zifivax.
"Vaksin buatan Anhui Zhifei hukumnya suci dan halal, karena di dalam proses produksi memenuhi standar halal dan tidak ditemukan material yang haram atau najis," kata Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.
Niam menuturkan, lewat pemeriksaan lapangan di China yang dilakukan timnya, pihaknya tidak menemukan ada bahan-bahan yang dalam pemanfaatannya dikatakan haram atau najis.
Dengan hasil pemeriksaan itulah, MUI menyatakan vaksin Zifivax ini boleh digunakan.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Vaksin Zifivax, sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari BPOM.
Kabar Baik Corona: Vaksin Zifivax Anhui Halal; Indeks Pemulihan RI Meroket (66541)
searchPerbesar
Warga yang menggunakan masker melintasi mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Indeks Pemulihan COVID-19 RI Tertinggi di Asia Tenggara
Posisi RI melesat dalam Indeks Pemulihan COVID-19 Nikkei (Nikkei COVID-19 Recovery Index). Indonesia saat ini berada di posisi ke-54 di dunia.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Indeks ini mengurutkan skor negara dan wilayah dunia dalam situasi pemulihan COVID-19 mereka. Nikkei Asia melakukan asesmen pada sektor manajemen infeksi, program vaksinasi, serta mobilitas sosial negara-negara.
Semakin tinggi ranking suatu negara, berarti semakin dekat mereka menuju pemulihan dari COVID-19 --dengan tingkat infeksi rendah, tingkat vaksinasi lebih tinggi, dan aturan jarak sosial yang lebih longgar.
Nikkei Asia melakukan penilaian pada 121 negara di seluruh dunia.
Pada indeks per 30 September, Indonesia berada di ranking 54 dengan total skor 54,5. Posisi ini naik dari sebelumnya, yaitu ranking 92 dalam indeks per 31 Agustus.
ADVERTISEMENT
Sejumlah negara juga menduduki posisi ke-54 bersama Indonesia. Dengan skor yang sama, posisi itu dipegang oleh Yordania, Meksiko, dan Korea Selatan.
Di antara sembilan negara Asia Tenggara yang masuk ke dalam indeks ini, Indonesia berada di posisi pertama.
Kabar Baik Corona: Vaksin Zifivax Anhui Halal; Indeks Pemulihan RI Meroket (66542)
searchPerbesar
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, dan Direktur Pemasaran dan Kemitraan Dr. dr. Chairuddin Yunus, M. Kes dalam konferensi pers terkait vaksin Zifivax di Kantor MUI di Jakarta, Sabtu (9/10). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
PT JBio Siapkan 50 Juta Dosis Vaksin Zifivax Tahun Ini
PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (Jbio) telah menyiapkan setidaknya 50 juta dosis vaksin Zifivax untuk akhir tahun 2020. Vaksin ini telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.
"Jadi vaksin ini baik dan halal. Kami sudah lama mendampingi Anhui untuk pemeriksaan ini dan alhamdulillah hasilnya baik," tutur Direktur Pemasaran dan Kemitraan PT JBio, Chairuddin Yunus.
Chairuddin menuturkan, Anhui sudah menyiapkan setidaknya 50 juta dosis vaksin Zifivax hingga akhir tahun ini. Sementara tahun depan di 2022, akan ada 150 juta dosis vaksin Zifivax.
ADVERTISEMENT
Sementara, dari hasil uji klinis, efikasi vaksin Zifivax cukup tinggi. Efikasinya mencapai 81% dan terhadap variant of concerns seperti Delta sampai 77,47%.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020