News
·
17 Oktober 2020 6:03

Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382196)
Pekerja medis merawat seorang pasien yang menderita penyakit COVID-19 di New Delhi, India, (28/5). Foto: Danish Siddiqui/REUTERS
Kasus virus corona di dunia masih terus bertambah setiap harinya. Bahkan sejumlah negara melaporkan rekor penambahan kasus dalam 24 jam terakhir.
ADVERTISEMENT
Ada juga negara yang memutuskan membuka fasilitas umum meski jumlah kasus corona di negaranya masih terbilang tinggi. Di sisi lain, negara di dunia juga masih berusaha mengembangkan vaksin corona agar pandemi dapat segera teratasi.
Berikut rangkuman kabar corona dunia yang telah dirangkum kumparan:

Kasus Harian Corona Rusia Pecah Rekor, Bertambah 15.150 Orang

Otoritas kesehatan Rusia melaporkan penambahan 15.150 kasus baru virus corona dalam 24 jam terakhir. Jumlah ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi dimulai di sana pada awal 2020.
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382197)
Penumpang bus di Rusia saat wabah virus corona Foto: Reuters/Eduard Korniyenko
Dari total kasus harian yang dilaporkan, sebanyak 5.049 kasus berasal dari Ibu Kota Moskow. Dengan demikian, total kasus corona di Rusia sebanyak 1.369.313 orang.
Pihak berwenang juga melaporkan 232 kasus kematian dalam 24 jam terakhir. Total kasus kematian akibat corona sebanyak 23.723.
ADVERTISEMENT

Duterte Tegaskan Seluruh Warga Filipina Harus Disuntik Vaksin Corona

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan seluruh warganya harus mendapatkan vaksin corona. Ia mengatakan pemerintah memiliki anggaran untuk mendapatkan vaksin tersebut.
Namun menurutnya akan membutuhkan lebih banyak biaya karena dia ingin menyuntik seluruh penduduk negara itu.
Duterte mengatakan pemerintahnya bertujuan memberikan vaksin kepada seluruh warga yang jumlahnya sekitar 133 juta orang. Namun ia memprioritaskan untuk memberikan kepada warga miskin, polisi dan personel militer.
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382198)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Foto: Ted ALJIBE / AFP
"Semua harus mendapatkan vaksin tanpa kecuali," kata Duterte dalam pidato yang disiarkan di televisi.

Maskapai Saudi Kembali Layani 20 Penerbangan Internasional

Setelah menutup penerbangan internasionalnya karena pandemi, maskapai Saudi Arabian Airlines akan kembali melayani penerbangan internasinal ke 20 tujuan di Timur Tengah, Asia, dan Eropa.
ADVERTISEMENT
Mulai Oktober, maskapai tersebut mulai mengoperasikan penerbangan ke beberapa kota di Eropa dan Amerika yakni Amsterdam, Frankfurt, London, Madrid, Paris, dan Istanbul serta Washington D.C. Sedangkan untuk tujuan Afrika yakni Addis Ababa, Alexandria, Kairo, Khartoum, Nairobi, dan Tunisia.
Sementara untuk Asia, maskapai ini akan mengoperasikan penerbangan ke Islamabad, Karachi, Jakarta, Kuala Lumpur, dan Manila, serta dua tujuan di Timur Tengah, yakni Amman dan Dubai.
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382199)
Maskapai Penerbangan Saudi Arabian Foto: Flickr/Faisal Akram

Kasus Virus Corona di Amerika Serikat Lampaui 8 Juta

Kasus corona di Amerika Serikat masih menjadi yang terbanyak di dunia. Per 15 Oktober, jumlah kasus di sana telah melampaui 8 juta orang.
Jumlah tersebut naik 1 juta kasus dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Kenaikan kasus terjadi saat AS memasuki musim dingin.
ADVERTISEMENT
AS melaporkan 60 ribu kasus baru pada Rabu (15/10), angka ini menjadi yang tertinggi sejak 14 Agustus. Total kasus menjadi 8.216.315. Peningkatan kasus terjadi hampir di seluruh wilayah terutama Midwest.
Menurut analisis Reuters, 25 negara bagian sejauh ini mencatat rekor peningkatan kasus baru di bulan Oktober.

Pesta Ulang Tahun di New York Jadi Klaster Besar Corona, Ratusan Orang Diisolasi

Pesta ulang tahun "Sweet 16" seorang warga di negara bagian New York, AS, menjadi klaster besar penularan virus corona. Acara yang digelar pada 25 September di Miller Place Inn di Long Island menyebabkan 37 orang terjangkit corona.
Terdapat 80 orang yang menghadiri pesta berujung penyebaran corona itu. Setelah menjalani tracing, lebih dari 270 orang harus menjalani isolasi.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, Miller Place Inn mendapat sanksi karena menggelar acara di atas 50 orang. Tempat itu ditutup sementara dan didenda 12 ribu dolar AS.
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382200)
Suasana trotoar kota New York yang dijadikan area makan. Foto: John Minchillo/AP

Kasus Positif Corona di Prancis Pecah Rekor, 30 Ribu Orang dalam Sehari

Prancis mencatat lonjakan corona yang kembali memecahkan rekor kasus harian. Per Kamis (16/10), kasus positif mencapai 30.621 orang dalam 24 jam, tertinggi sejak corona melanda Prancis di awal tahun.
Angka ini naik drastis dibanding hari sebelumnya yang berjumlah 22.591 orang. Jika diakumulasi, kasus positif di Prancis sudah menyentuh angka 809.684 orang.
Okupansi rawat inap dan angka kematian juga terus meningkat. Tercatat, dalam sehari, ada 88 orang meninggal dunia. Total sudah ada 33.125 orang di Prancis meninggal karena terjangkit corona.
ADVERTISEMENT

Valentino Rossi Positif Corona

Kabar mengejutkan datang dari Valentino Rossi. Ia dipastikan absen dari MotoGP Aragon 2020 pada pekan ini karena dinyatakan positif virus corona.
Kabar Corona Dunia: Kasus Harian di Rusia Pecah Rekor - Valentino Rossi Positif (382201)
Valentino Rossi saat kulaifikasi Grand Prix Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Foto: Lisi Niesner/REUTERS
Kabar itu disampaikan langsung oleh 'The Doctor' melalui akun Twitter. Rossi dinyatakan positif corona pada Kamis (15/10).
“Sayang sekali, pagi ini saya bangun dan merasa tidak enak badan. Tulang saya sakit, badan agak demam. Lalu, saya segera menelepon dokter dan menjalani tes dua kali," tulis Rossi.
"Tes cepat PCR menunjukkan hasil negatif, sama seperti tes pada Selasa lalu. Tetapi untuk tes kedua, hasilnya telah dikirimkan kepada saya pukul 16.00 sore ini, dan ternyata, sayang sekali, hasilnya positif [COVID-19]," sambungnya.
***
ADVERTISEMENT
Saksikan video menarik di bawah ini: