kumparan
18 Oktober 2019 17:31

Kadishub DKI Tegaskan Bus Zhongtong Laik Jalan: Tidak Perlu Ragu

Bus Transjakarta Zhongtong, Depo PPD F Klender, Jakarta Timur
Petugas Transjakarta melakukan pengecekan bus Zhongtong di Depo PPD F Klender, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
PT Transjakarta memutuskan untuk kembali menggunakan bus Zhongtong. Kendaraan buatan China itu telah beroperasi satu Minggu, sejak Jumat (11/10).
ADVERTISEMENT
Kelapa Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengimbau masyarakat untuk tidak perlu ragu dengan kelaikan bus tersebut. Sebab, masyarakat masih khawatir lantaran bus tersebut dulunya sering terbakar saat beroperasi.
“Enggak perlu ragu, karena memang itu sudah memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor,” ujar Syafrin di Balai Kota DKI, Jumat (18/10).
Kadishub DKI Syafrin Liputo
Kadishub DKI Syafrin Liputo. Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Syafrin kembali meyakinkan Zhongtong telah melaksanakan uji kelayakan. Selain itu bus tersebut juga mengantongi sertifikat uji tipe dari Kementerian Perhubungan.
“Sudah mendapatkan uji tipe, sesi uji tipe itu elemen operasional bus itu diuji. Bahkan ada uji crash ya ditabrak dan seterusnya. Dan setelah itu selesai uji jika lulus mendapatkan sertifikat uji tipe dari Kemenhub, dan ini sudah ada,” tegasnya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, terdapat sebanyak 59 bus yang sudah ada di Jakarta. Namun, hingga saat ini baru 21 bus yang beroperasi.
Ditanyai soal salah satu masalah yang pernah dialami Zhongtong, yakni bus pernah terbakar dulunya, Syafrin mengatakan masih menanyakan penyebabnya kepada Damri.
“Belum, (sedang) kita tanyakan. Itu punya Damri (tahun) 2000 berapa gitu ya. Belum monitor,” jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan