kumparan
17 Mei 2019 14:29

Kalapas Langkat Berada di Bethlehem saat Kericuhan Napi Terjadi

Suasana Lapas Narkotika Langkat
Suasana Lapas Narkotika Langkat saat Kericuhan. Foto: Dok. Istimewa
Kericuhan terjadi di Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Sumatera Utara, pada Kamis (16/5) sekitar pukul 14.00 WIB. Narapidana (napi) yang ada di sana menjebol pintu dan membakar gedung lapas.
ADVERTISEMENT
Saat peristiwa itu, Kalapas Narkotika Kelas III Langkat Bachtiar Sitepu sedang tidak berada di lokasi kejadian. Bachtiar diketahui masih cuti dan berada di luar negeri.
"Dia saat ini di Bethlehem, kalau melihat itu, ya ibadah," kata Kadiv Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sumut Muhammad Jahari Sitepu, Jumat (17/5).
Jahari mengatakan karena adanya insiden kericuhan itu, Bachtiar diminta pulang cepat. "Sebetulnya belum jadwal pulang, sudah saya paksa pulang hari ini. Tapi katanya tidak ada pesawat, jadi hari Sabtu dan Minggu sudah sampai".
Suasana Lapas Narkotika Langkat
Suasana Lapas Narkotika Langkat saat Kericuhan. Foto: Dok. Istimewa
Kakanwil Kemenkum HAM Sumatera Utara Dewa Putu Gede mengatakan berdasarkan hasil evaluasi, institusinya menonaktifkan Bachtiar dari jabatannya.
"Langkah pertama, Kalapas kita nonaktifkan, bersama Kasubsi Keamanan Lapas," kata Dewa.
Keputusan menonaktifkan Bachtiar lantaran kericuhan di Lapas Langkat masuk dalam kategori terparah. Musababnya, ratusan napi kabur.
ADVERTISEMENT
Selain itu, para napi juga melaporkan adanya pungli. Bahkan disebut istri Kalapas sering ikut campur ketika merazia para warga binaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan