Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran
7 Desember 2020 13:36

Kapolda Metro: Laskar Pengawal Habib Rizieq Tembak Polisi dengan Pistol Asli

Kapolda Metro: Laskar Pengawal Habib Rizieq Tembak Polisi dengan Pistol Asli (365735)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Foto: Devi Nindy/ANTARA
Polisi menindak tegas anggota laskar yang mengawal Imam Besar FPI Rizieq Syihab. Pasalnya mereka mencoba melawan dengan menembak polisi yang sedang menjalankan tugas.
ADVERTISEMENT
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil mengatakan penyerangan dilakukan dengan senjata tajam dan senjata api. Polisi memastikan senjata api yang digunakan bukan rakitan.
"Asli ini ada tiga yang sudah ditembakkan," kata Fadil dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (7/12).
Kapolda Metro: Laskar Pengawal Habib Rizieq Tembak Polisi dengan Pistol Asli (365736)
Kapolda Metro jaya, Irjen Fadil Imran saat menyerahkan bantuan alat kesehatan di di aula Polrestro Depok, Sabtu (05/12). Foto: Dok. Istimewa
Fadil mengatakan ada 10 orang yang menyerang petugas. Enam di antaranya meninggal dunia setelah diberikan tindakan tegas terukur oleh petugas. Sementara empat orang lainnya berhasil kabur.
"Jadi dari hasil penyelidikan awal kelompok yang menyerang anggota ini diidentifikasi sebagai laskar khusus yang selama ini menghalangi proses penyelidikan," kata Fadil.
Peristiwa bentrokan antara petugas dengan pengawal Rizieq terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pukul 00.30 WIB, Senin (7/12). Saat itu enam orang petugas sedang menyelidiki informasi terkait pengerahan massa saat pemeriksaan Rizieq.
ADVERTISEMENT
Namun di tengah jalan mobil petugas dipepet oleh pengawal Rizieq. Bentrokan pun terjadi.