kumparan
News29 Februari 2020 12:35

Kapolda Papua: Anggota Brimob di Mimika Tewas Ditembak KKB Kelompok Kali Kopi

Konten Redaksi kumparan
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw Foto: Ade Nurhaliza/kumparan
Anggota Brimob, Bharada Doni Priyanto, gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Arwanop, Mimika, Papua, Jumat (28/2) sore.
ADVERTISEMENT
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan KKB yang menembak Doni merupakan kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak.
"Kita kenal di sini kelompok Kali Kopi," ujar Paulus di Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Sabtu (29/2).
Paulus mengutarakan, kelompok Kali Kopi bermarkas di sebuah perkampungan di bawah Mile 50 atau jalan tambang PT Freeport Indonesia.
Saat ini, kata dia, jenazah Doni yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi itu dalam proses evakuasi.
Ilustrasi Penembakan
Ilustrasi penembakan. Foto: Pixabay
"Dalam evakuasi dari kampung Arwanop menuju kampung Banti. Kalau cuaca baik, maka akan dibawa dengan helikopter ke Markas Brimob Batalyon B Timika," ucapnya.
Setelah sampai di Markas Brimob di Timika, jenazah Doni akan dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua, Jakarta. Ia menyebut pangkat Doni akan dinaikkan satu tingkat.
ADVERTISEMENT
"Atas nama Kapolda Papua dan seluruh jajaran mengucapkan duka cita mendalam atas gugurnya Bharada Doni yang akan dinaikkan pangkat satu tingkat menjadi Bharatu," tuturnya.
Paulus menegaskan, kelompok Kali Kopi jelas-jelas telah berbuat tindak pidana dengan memiliki dan menggunakan senjata api untuk menembak aparat keamanan dan masyarakat.
"Saya pikir ini masalah yang sedang kita gumuli, bagaimana kita melumpuhkan mereka dengan upaya penegakan hukum," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan