News17 September 2020 17:32

Kasus Corona di Bali Naik Signifikan Selama 4 Minggu

Konten Redaksi kumparan
Kasus Corona di Bali Naik Signifikan Selama 4 Minggu (847307)
Pecalang atau petugas keamanan adat Bali melakukan pengawasan terkait pencegahan virus corona. Foto: Antara/Fikri Yusuf
Bali adalah salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat karena penambahan kasus positif virus corona yang cukup tinggi, khususnya dalam beberapa minggu terakhir. Jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, kenaikan kasus positif di Bali meningkat cukup signifikan selama 4 minggu berturut-turut.
ADVERTISEMENT
"Bali mengalami kenaikan kasus positif minggu yang cukup signifikan selama 4 minggu berturut-turut. Bali juga menduduki peringkat 4 provinsi dengan insidensi kasus tertinggi, 171,39 per 100 ribu penduduk," kata Prof Wiku, Kamis (17/9).
Prof Wiku juga mengungkapkan angka kematian akibat virus corona di Bali tertinggi selama seminggu terakhir, yaitu 72 persen. Bahkan di Bali tidak ada wilayah dengan zona hijau.
Kasus Corona di Bali Naik Signifikan Selama 4 Minggu (847308)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
"Kenaikan kematian tertinggi seminggu terakhir 72 persen dan dari 9 kabupaten/kota, 6 di antaranya zona merah dan 3 zona oranye. Ini perlu jadi perhatian Pemprov Bali dan Pemda di Bali," tuturnya.
Prof Wiku kembali menegaskan pentingnya gubernur, bupati, dan wali kota untuk memantau kasus corona di wilayahnya secara keseluruhan. Sebab semakin cepat ditangani, maka angkanya bisa terus menurun.
ADVERTISEMENT
"Pelayanan kesehatan yang baik dan penanganan yang cepat dan tepat terutama untuk usia rentan adalah kunci untuk menekan kematian. Kami minta masyarakat disiplin jaga diri dan tak menulari orang-orang terdekat," tegasnya.
"Terutama masyarakat usia rentan dimohon tidak keluar rumah jika tidak mendesak, dan untuk usia produktif disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular dan menularkan kepada keluarga di rumah," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white