News
·
23 Oktober 2020 18:44

Kata Wagub DKI soal DPRD DKI Diskusi dengan Risma Bahas Solusi Banjir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Wagub DKI soal DPRD DKI Diskusi dengan Risma Bahas Solusi Banjir (1012)
Pansus banjir DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Kota Surabaya. Foto: Dok. Istimewa
Pansus banjir DPRD DKI Jakarta berkunjung ke Surabaya dan bertemu langsung dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Kunjungan ini untuk mempelajari penanganan banjir agar bisa diterapkan di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan belum menerima laporannya saat ini. Tapi, pihaknya siap menerima masukan DPRD DKI dari hasil diskusinya dengan Risma.
Kata Wagub DKI soal DPRD DKI Diskusi dengan Risma Bahas Solusi Banjir (1013)
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) melakukan tinjauan ke Jakarta Barat untuk penanganan banjir, Kamis (9/7). Foto: Pemprov DKI Jakarta
"Kami belum terima laporannya, dalam beberapa hari ke depan kita akan terima. Prinsipnya, masukan masukan DPRD, stakeholder lainnya, para ahli, para pakar, akademisi, termasuk warga, siapa pun yang ingin berkontribusi terhadap pengendalian, kami akan menyikapinya secara baik dan bijak," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (23/10).
Kata Wagub DKI soal DPRD DKI Diskusi dengan Risma Bahas Solusi Banjir (1014)
Foto udara saat alat berat mengeruk Waduk Pluit di Jakarta, Senin (11/11/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Sejauh ini, kata dia, Jakarta juga sudah melakukan berbagai langkah antisipasi banjir. Misalnya dengan melakukan pengerukan sungai, waduk, dan embung. Juga mengatur pintu air agar aliran air lancar ketika hujan atau air kiriman datang.
"Dilakukan program gerebek lumpur, memperbaiki revitalisasi, optimalisasi pompa, semuanya. Juga melakukan upaya lain di antaranya pembebasan lahan untuk pengendalian banjir," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Dan membuat sumur resapan, drainase vertikal, membuat sodetan sodetan, mengatur pintu air, sampai menyusun buku panduan dan mempersiapkan pengungsian," lanjutnya.