kumparan
23 Januari 2017 18:18

Kenapa Bulu Ketiak Selebriti Dipersoalkan?

Ketiak Sophia Loren
Sophia Loren dan bulu ketiak (Foto: NYMag)
Artis muda Prilly Latuconsina sedang jadi perbincangan. Dalam sebuah foto yang dipajang di Instagram, bagian ketiaknya terlihat hitam. Diskusi hangat pun merebak, apakah itu bulu ketiak yang lebat atau rambut yang terselip ke dalam baju?
ADVERTISEMENT
Foto itu menggambarkan adegan ketika Prilly sedang mengulurkan tangan. Di ketiak sebelah kiri, terlihat warna hitam. Belum jelas apakah itu bulu ketiak atau rambut yang terselip atau sekadar warna kulit. Yang jelas, foto itu jadi perbincangan. Banyak yang mencibir, sebagian membela, sebagian lagi jadi penggembira.
Prilly
Foto Prilly yang heboh di dunia maya (Foto: Instagram)
Tak ada klarifikasi dari Prilly soal ini. Fotografer yang pertama kali memajang foto tersebut di akun Instagram Riomotret, sudah menghapus foto yang diambil saat sesi syuting video klip Krisdayanti tersebut. Yang jelas, akun lambe_turah kemudian memposting ulang foto tersebut.
Prilly bukanlah artis pertama yang jadi pergunjingan dunia maya karena bulu ketiak. Di Hollywood sana, beberapa artis kerap jadi sorotan karena bulu ketiaknya terlihat atau berwarna hitam.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Penelope Cruz, Madonna, sampai Gaby Hoffman. Mereka tampil di depan publik dengan bulu ketiak yang terlihat jelas. Mereka sempat jadi bahan perbincangan, bahkan anehnya sebagian media yang menulis, ada yang berharap mereka meminta maaf.
Ketiak Penelope
Bulu Ketiak Penelope Cruz (Foto: NYMag)
Dulu, ada artis Eva Arnaz yang selalu dibahas terkait penampakan bulu ketiaknya di film. Sampai-sampai ada yang menjulukinya 'ratu bulu ketiak'.
Lalu, apakah perlu masalah bulu ketiak selebriti dipersoalkan? Atau patutkah para seleb merasa malu bila bulu ketiaknya nampak?
Para seleb Hollywood seperti Madonna tak peduli dengan bulu ketiak yang lebat. Dalam Instagramnya, dia menulis: "long hair, dont care!" sambil memajang foto dengan bulu ketiak lebat. Miley Cyrus pun demikian. Dia tak segan-segan tampil dengan bulu lebat di ketiaknya.
ADVERTISEMENT
Madonna
Bulu ketiak Madonna di Instagram (Foto: Instagram/Madonna)
Sementara di China, pernah terjadi kehebohan saat para kaum feminis dengan sengaja berpose di kamera dengan bulu ketiak yang lebat. Situs jejaring sosial di China yaitu Weibo mengadakan kontes foto yang mengajak para perempuan untuk melakukan foto selfie sembari memamerkan bulu ketiak. Dalam lima hari, ribuan foto terkumpul.
Pamer bulu ketiak seolah menjadi tren baru.
Video
Kenapa Ada Bulu Ketiak?
Bulu ketiak selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria maupun wanita. Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas. Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.
Dikutip dari NYMag, salah seorang peneliti menyebut, bulu ketiak berfungsi sebagai pencegah keringat agar tidak berlebihan menyebar ke tubuh. Sebagian lagi ada yang berpendapat bulu ketiak adalah alat alami untuk mencegah gesekan ke kulit. Bahkan ada yang mengaitkan bulu ketiak dan hormon feromon.
ADVERTISEMENT
Sebagian besar berpendapat, bulu ketiak mengganggu secara estetika. Ada juga yang menilai bulu ketiak yang dicukur bisa mengurangi bau badan. Tanpa bulu ketiak, deodoran jadi lebih bisa menempel wanginya.
Jadi, apakah Anda masih mempersoalkan bulu ketiak pada selebritis atau malah setuju dengan mereka yang memanjangkannya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan