News
·
1 Juli 2019 20:48

Kesaksian Ishak Adang Suzethe Bawa Anjing ke Masjid di Sentul City

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kesaksian Ishak Adang Suzethe Bawa Anjing ke Masjid di Sentul City (90126)
Ishak, petugas parkir yang hadang perempuan bawa anjing masuk ke masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor. Foto: Luthfan Darmawan/kumparan
Sosok seorang penjaga masjid yang mencoba menghadang perempuan pembawa anjing, Suzethe Margaret (52), masuk ke masjid menjadi sosok yang diperbincangkan. Lelaki berjanggut panjang itu terlihat begitu tegas saat menghadang Suzethe masuk ke dalam masjid.
ADVERTISEMENT
Sosok itu bernama Ishak, yang sudah 2,5 tahun bekerja sebagai juru parkir di masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor. Ishak pun menceritakan pengalamannya ketika menghadang Suzethe masuk ke masjid.
"Minggu, pas ramai. Setengah satu (waktu Suzethe datang ke Masjid Al Munawaroh)," kata Ishak saat ditemui di lokasi, Senin (1/7).
Ishak menceritakan Suzethe datang dengan kondisi marah-marah. Sembari membawa anjingnya, dan tak melepas sepatunya, ia mencoba masuk ke masjid Al Munawaroh.
Saat itu pula, Ishak mencoba mengadangnya. Cekcok seperti dalam video viral pun terjadi. Suzethe bersikukuh masuk ke masjid dengan tujuan mencari suaminya yang ia sebut akan jadi mualaf dan menikah lagi, namun Ishak mengadangnya.
"Enggak ada suaminya, bohong enggak ada. Enggak tahu maksudnya bikin keonaran enggak tahu. Supaya orang Islam emosi supaya ribut enggak tahu. Tapi warga banyak enggak ketahan, tapi saya tahan kita ada aparat," kata Ishak menceritakan.
ADVERTISEMENT
Ia pun tak mengetahui aksinya siang itu direkam oleh salah satu jemaah masjid dan mendadak viral. Yang ia tahu, saat itu hanya mencoba menghentikan Suzethe masuk ke masjid.
Kesaksian Ishak Adang Suzethe Bawa Anjing ke Masjid di Sentul City (90127)
Masjid Al Munawaroh di Sentul City, Bogor. Foto: Luthfan Darmawan/kumparan
Ketika disinggung bahwa Suzethe mengalami gangguan jiwa, Ishak mempertanyakan itu. Sebab, saat tiba, Suzethe terlihat resik, rapi, dan juga menyetir mobil sendiri.
Pantauan kumparan saat berada di lokasi, ada beberapa masyarakat yang mengapresiasi tindakan Ishak. Ia pun kerap diajak bersalaman dan sekedar mengobrol untuk tahu kronologi versi Ishak.
Pihak kepolisian juga mengapresiasi kesabaran Ishak saat bertindak mengadang Suzethe. Namun, sempat ada kabar yang menyebut Ishak ikut diamankan pihak kepolisian. Kabar itu adalah tak benar alias hoaks. Ia pun secara pribadi sudah memaafkan Suzethe atas perbuatannya.
ADVERTISEMENT
"Kalau di video mah itu cuma dorong doang kan. Ngelarang bawa anjing ke atas," kata dia.
"Saya mah enggak mau masalah bikin keonaran gini, malu. Saya mah enggak mau ada masalah terus yang maunya amanlah. Iya sudah (memaafkan)," pungkasnya.
Sebelumya, insiden tersebut berawal saat Suzethe datang ke masjid sambil membawa anjing dan memakai sepatu. Hal itu mendapat protes dari jemaah masjid, namun Suzethe tidak mengindahkannya dan beralasan sedang mencari suaminya.
Suzethe pun kemudian dilaporkan oleh DKM masjid kepada pihak kepolisian. Polisi yang tiba di lokasi langsung mengamankan Suzethe dan membawanya ke Polres Kabupaten Bogor untuk diperiksa.
Polisi menduga Suzethe mengalami gangguan jiwa. Hal itu didukung dengan suaminya yang menyertakan rekam medis riwayat kejiwaan dari Suzethe.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Suzethe sudah dibawa ke RS Polri Keramat Jati untuk dilakukan pemeriksaan kejiwaan. Kepala RS Polri, Brigjen Pol Musyafak juga memastikan bahwa