News
·
29 Mei 2020 15:45

Khofifah Kirim 2 Mobil Lab PCR Bantuan BNPB ke Lamongan dan Tulungagung

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Khofifah Kirim 2 Mobil Lab PCR Bantuan BNPB ke Lamongan dan Tulungagung (323076)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Dok. Istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku terbantu dengan adanya dua unit Mobil Lab Bio Safety Level 2 pengecekan tes swab PCR. Kedua mobil lab itu merupakan bantuan dari BNPB.
ADVERTISEMENT
Kini, dua mobil itu sudah bergerak ke Lamongan dan Tulungagung untuk melakukan test swab secara cepat. Sebelumnya, kedua mobil lab sudah dioperasikan di RS Darurat di Jalan Idrapura, Surabaya; RS Asrama Haji; hingga RSUD Sidoarjo.
“Alhamdulilah kami kembali mendapat bantuan dari BNPB, berupa dua unit mobil mesin PCR. Bantuan ini penting, karena saat ini kebutuhan mesin PCR test untuk swab memang yang paling dibutuhkan karena validitasnya paling tinggi," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (29/5).
Khofifah Kirim 2 Mobil Lab PCR Bantuan BNPB ke Lamongan dan Tulungagung (323077)
Warga mengikuti test swab COVID-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat COVID-19 di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/5). Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Khofifah menjelaskan, mobil lab ini masing-masing dilengkapi dengan empat mesin PCR. Setiap mesin PCR memiliki kapasitas tes maksimal 200 sampel per hari. Sehingga, dua mobil ini memiliki total kapasitas layanannya mencapai 1.600 sampel per hari.
ADVERTISEMENT
"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini maka kapasitas maksimal layanan swab test di Jatim jika dimaksimalkan mencapai 3.106 sampel per hari," jelasnya. Sebelumnya, Jawa Timur hanya mampu melakukan 1.102 per hari tes swab yang dilakukan.
Selain itu, setiap unit mobil juga dilengkapi dengan 2 unit mesin ekstraksi, 4.992 buah ekstra kit, dan sebanyak 4.992 reagen PCR kit.
Khofifah berharap keberadaan dua mobil lab tersebut semakin memaksimalkan tes swab di Jatim. Namun, ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.
"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini, kita harap proses tes swab dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat. Terlebih, kecepatan ini juga sangat mempengaruhi penanganan wabah COVID-19, dan tentunya juga bisa memberikan ketenangan pada masyarakat," jelas Khofifah.
ADVERTISEMENT
“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Jatim bahwa baik APD maupun reagen PCR kit yang kita miliki saat ini sudah mencukupi,” pungkasnya.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.