KIB Kumpul Bahas Capres Hari Ini, Golkar Jadi Tuan Rumah

27 April 2023 10:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jajaran ketua umum parpol di KIB usai acara makan malam bersama di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Foto: Zamachsyari/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Jajaran ketua umum parpol di KIB usai acara makan malam bersama di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Foto: Zamachsyari/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP akan berkumpul membahas capres-cawapres mereka hari ini, Kamis (27/4). Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, menyebut Golkar akan jadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut.
ADVERTISEMENT
"Bang Zulkifli Hasan, Ketum PAN, akan bertemu untuk bersilaturahmi lebaran dengan Pak Airlangga [Hartarto], Ketum Golkar, dan Pak Mardiono, Ketum PPP. Untuk tempat silaturahminya, tuan rumahnya adalah Golkar," kata Viva Yoga dalam keterangannya, Kamis (27/4).
Selain bersilaturahmi, kata Viva Yoga, mereka juga akan membahas soal PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres mereka. PPP sebelumnya mengumumkan keputusan mereka itu pada Rabu (16/4), hanya beberapa hari setelah PDIP menetapkan Ganjar sebagai capres mereka.
"PAN merasa gembira karena PPP telah mengumumkan Mas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung di Pilpres 2024. PPP sebelumnya telah berkomunikasi dan berdiskusi dengan PAN dan Golkar karena masih di KIB tentang rencana pengumuman penetapan capres. PAN menghormati keputusan PPP tersebut," tegas Viva Yoga.
ADVERTISEMENT
Ketua DPP PAN, Saleh Daulay Partaonan, juga memastikan dukungan Ganjar capres oleh PPP sudah dikomunikasikan terlebih dahulu ke KIB. Menurutnya PAN saat ini juga sudah mengantongi nama calon, tetapi masih menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan.
"Kalau di KIB, PPP sendiri sangat berharap agar PAN dan Golkar bisa bergabung untuk mendukung Ganjar. Artinya, meskipun lebih dahulu mengumumkan, tentu sudah dikomunikasikan dengan anggota KIB lainnya. Karena itu, tidak ada yang harus dipersoalkan. Ke depan seperti apa, ya kita lihat aja nanti," kata Saleh.
"Siapa calon yang akan diusung? Apakah akan tetap bersama di dalam KIB atau malah bergabung dengan koalisi lain? Prinsipnya, PAN pasti akan mengumumkan. Malah, PAN sudah lebih dahulu komunikasi lintas partai. Tinggal menunggu waktu yang tepat saja. PAN tentu sangat senang jika tetap bersama dengan partai-partai di dalam KIB," pungkasnya.
ADVERTISEMENT