kumparan
News19 Juni 2018 9:27

Kim Jong-un Akan Bertemu Presiden China Bahas Pertemuan dengan Trump

Konten Redaksi kumparan
Xi Jinping bertemu Kim Jong-un
Xi Jinping bertemu Kim Jong-un (Foto: KCNA via AFP)
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un akan bertemu Presiden China Xi Jinping paling cepat Selasa (19/6) waktu setempat. Lawatan Kim itu dikabarkan untuk membahas pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump.
ADVERTISEMENT
Menurut seorang sumber kepada media Jepang, Nikkei, aparat keamanan telah bersiap mengawal Kim terbang ke Beijing. Kunjungannya ke China ini akan menjadi yang ketiga sejak Maret lalu.
"Pejabat-pejabat senior Korut dijadwalkan untuk mengunjungi Beijing. Kemungkinan (ada) Kim," terang media Jepang lainnya, Kyodo.
Sementara AFP menyebut satu-satunya penerbangan internasional --sebuah pesawat Air Koryo menuju Beijing-- mengalami keterlambatan tanpa sebab. Hal ini kerap terjadi saat Kim hendak bepergian.
China tidak berperan secara langsung dalam kopi darat Kim dan Trump di Singapura 12 Juni lalu. Akan tetapi pengaruhnya terhadap Pyongyang tetap terjalin kuat.
Beijing sebelumnya juga menyarankan untuk mencabut sanksi bagi Korut menyusul suksesnya pertemuan di Singapura.
Di sisi lain Kim terus berupaya mendapat keringanan sanksi ekonomi sebagai imbalan persetujuannya untuk melakukan denuklirisasi. Ia diyakini tengah mencari dukungan dari China untuk mewujudkannya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dikabarkan akan segera ke Beijing untuk bertemu Presiden Xi seusai KTT AS-Korut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan