kumparan
16 September 2019 21:31

KJRI Chicago Beri Bantuan Hukum Jika Tiga Setia Laporkan Kasus KDRT

Tiga Setia Gara
Tiga Setia Gara. Foto: Instagram /@tigawat
Lady rocker Indonesia, Tiga Setia Gara, dikabarkan mengalami kekerasan yang dilakukan oleh suami bulenya, James. Tiga yang tinggal di Amerika Serikat ini meminta bantuan kepada KBRI atau perwakilan Indonesia di AS lewat akun Instagramnya.
ADVERTISEMENT
KJRI Chicago telah berkomunikasi dengan Tiga terkait kabar penyiksaan yang dialaminya. Sejauh ini, Tiga dipastikan berada di kota Dayton, Ohio.
"KJRI Chicago menerima laporan tindak KDRT atas seorang WNI Tiga Setia Gara yang dilakukan suami yang bersangkutan seorang warga negara AS. KJRI langsung menindaklanjuti pada hari yang sama dengan menghubungi Tiga," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha, kepada wartawan, Senin (16/9).
Curhatan Rocker Tiga Setia Gara
Curhatan Rocker Tiga Setia Gara di Instagram Story soal dianiaya suami. Foto: Instagram/ @tigawat
KJRI menyarankan Tiga untuk melaporkan kejadian penyiksaan yang dialaminya kepada otoritas setempat, sehingga nantinya dapat diberi pendampingan hukum.
"KJRI telah memberikan legal advice mengenai proses hukum di AS. Berdasarkan hukum AS, pelaporan harus dilakukan langsung oleh yang bersangkutan. KJRI siap memberikan pendampingan hukum," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Judha memastikan KJRI terus memantau kasus yang dialami korban, termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait di AS untuk memberikan perlindungan kepada Tiga.
"Telah kami sarankan untuk menghubungi YWCA Domestic Violence Center di Dayton, yang bersangkutan mempertimbangkan karena masih menenangkan diri," sebut keterangan KJRI Chicago.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan