News
·
4 Juli 2020 14:28

KJRI Istanbul Fasilitasi Kepulangan 227 WNI dari Turki

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KJRI Istanbul Fasilitasi Kepulangan 227 WNI dari Turki (311592)
Pesawat yang digunakan untuk memulangkan WNI oleh KJRI Istanbul. Foto: KJRI Istanbul
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul memulangkan sekitar 227 warga negara Indonesia dari Turki. WNI ini dipulangkan karena terdampak pandemi di negeri tersebut.
ADVERTISEMENT
Para WNI dipulangkan menggunakan maskapai penerbangan Turkish Airlines (TK-56) dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada pukul 17:35 WIB hari ini.
"227 dari WNI yang mengikuti program repatriasi mandiri tersebut merupakan 224 santri pesantren Sulemaniyah di Istanbul yang telah menyelesaikan pendidikannya dan tertunda kepulangannya sejak bulan April 2020, 1 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 2 WNI yang stranded di Istanbul karena pembatalan penerbangan lanjutan dari Frankfurt," kata Konsul Jenderal RI untuk Istanbul, Iman As'ari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/7).
Sebelum dipulangkan, para WNI ini telah memenuhi syarat utama repatraisi, yakni sudah mengikuti PCT Test dan dinyatakan negatif. WNI juga dibekali dengan safety kit berupa masker, sarung tangan, dan hand sanitizer untuk digunakan di pesawat.
ADVERTISEMENT
Turki sendiri sudah menerapkan new normal sejak tanggal 1 Juni 2020, sehingga beberapa sektor sudah mengalami relaksasi.
Sementara itu, selama pandemi COVID-19 di Turki, perwakilan RI di Turki secara berkelanjutan sudah memberikan bantuan kepada sekitar 2.842 WNI yang terdampak COVID-19.
KJRI Istanbul Fasilitasi Kepulangan 227 WNI dari Turki (311593)
Pemulangan WNI oleh KJRI Istanbul. Foto: KJRI Istanbul
"Sebelumnya, Perwakilan RI di Turki juga telah melakukan repatriasi mandiri pada tanggal 10, 15 dan 17 Juni 2020. Hingga saat ini jumlah keseluruhan WNI yang dibantu pemulangannya oleh Perwakilan RI di Turki berjumlah sekitar 650 orang," kata Iman.
Para WNI tersebut terdiri dari para spa terapis, pelajar, santri, anak buah kapal, dan pekerja migran indonesia. Saat ini pun, Turki sudah membuka kembali penerbangan reguler nya ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
ADVERTISEMENT
*****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona