kumparan
search-gray
News20 Desember 2019 17:21

Komisi III Ingatkan Pimpinan Baru KPK soal Koordinasi Antar-lembaga

Konten Redaksi kumparan
Herman Hery, Anggota Komisi III
Ketua Komisi III Herman Hery di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu, (30/10/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Presiden Joko Widodo resmi melantik lima pimpinan KPK periode 2019-2024. Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry berharap, pimpinan KPK yang baru bisa bekerja dengan baik memberantas korupsi.
ADVERTISEMENT
Menurut Herman, pimpinan KPK yang baru harus bisa menjawab harapan publik untuk mewujudkan Indonesia tanpa korupsi. Meski, ia juga mengingatkan, agenda pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab KPK saja, tapi seluruh lapisan masyarakat.
"Ingat, agenda pemberantasan korupsi bukan menjadi tugas KPK saja, melainkan tugas bersama seluruh elemen bangsa. Selalu kedepankan koordinasi dan komunikasi dengan aparat penegak hukum lain," kata Herman dalam keterangannya, Jumat (20/12).
Terkait dewas KPK yang juga ikut dilantik hai ini, Komisi III menghormati hak Presiden Jokowi yang telah memilih lima nama. Politikus PDIP itu yakin, Jokowi punya pertimbangan matang dalam memilih Dewan Pengawas KPK.
“Presiden pasti sangat hati-hati dalam memilih nama Dewan Pengawas. Komisi III akan terus mengawasi kinerja Dewas KPK ke depan mengingat cukup besarnya kewenangan Dewas KPK yang diberikan oleh UU KPK,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
Lima nama dewas KPK itu adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Harjono, Artidjo Alkostar, Albertina Ho dan Syamsuddin Haris.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white