News
·
22 Oktober 2019 19:38

KPK: Komitmen Jokowi Tak Jelas soal Pemberantasan Korupsi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KPK: Komitmen Jokowi Tak Jelas soal Pemberantasan Korupsi (3489)
Ilustrasi KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya setelah pelantikan di Gedung MPR pada Minggu (20/10), menyorot berbagai isu mulai dari SDM hingga ekonomi. Namun Jokowi tak menyinggung isu pemberantasan korupsi.
ADVERTISEMENT
KPK menilai tak disinggungnya isu tersebut mengartikan komitmen Jokowi tak jelas dalam pemberantasan korupsi. Hal itu disampaikan Fungsional Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja antar Komisi dan Instansi KPK, Budi Santoso.
“Artinya komitmennya (Jokowi) enggak jelas dengan pemberantasan korupsi,” tegas Budi dalam diskusi di kampus UNJ, Jakarta Timur, Selasa (22/10).
Menurut Budi, dari pidatonya terbaca bahwa Jokowi tidak memiliki agenda dalam pemberantasan korupsi. Padahal korupsi telah menjadi masalah bersama yang seharusnya tidak boleh diabaikan.
KPK: Komitmen Jokowi Tak Jelas soal Pemberantasan Korupsi (3490)
Presiden Joko Widodo saat mengikuti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
“Kalau tidak dijadikan agenda politik dia (Jokowi), maka pertanyaannya Anda punya komitmen enggak sih untuk pemberantasan korupsi? Anda sadar enggak sih kalau KPK itu pembantu anda menjadikan Indonesia bersih (dari korupsi)?” kata Budi.
Diketahui pada Minggu (20/10) usai pelantikan, Jokowi dalam pidato menyatakan pada usia 100 tahun, Indonesia harus mampu keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya Jokowi sama sekali tak menyinggung isu pemberantasan korupsi.
Tak disinggungnya isu pemberantasan korupsi bukan kali ini saja dilakukan Jokowi. Usai pelantikan pada 2014 lalu, Jokowi juga melakukan hal serupa.